CSR Perusahaan Lebih Baik Dalam Bentuk Pemberdayaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » CSR Perusahaan Lebih Baik Dalam Bentuk Pemberdayaan

CSR Perusahaan Lebih Baik Dalam Bentuk Pemberdayaan

Written By Mang Raka on Jumat, 05 Agustus 2016 | 11.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Selain mendorong usaha kerajinan home industry abon lele di Desa Cilamaya melalui distribusi Coorporate Social Responsibility (CSR), Pertamina Gas Cilamaya juga terus dorong pengembangan budidaya ikan lele di Pondok Pesantren Daarussalam Dusun Krasak Desa Tegalsari Kamis (4/8).
Pimpinan Pesantren Darusalam Tegalsari KH Abdul Ghofar mengatakan pihaknya sudah mendidik anak-anak santri sejak tahun 1990 sampai saat ini. Visi misi utama pesantren didirikan sedari awal adalah ingin menciptakan santri mandiri. Bukan saja cakap ilmu agama tetapi juga terampil berwirausaha. Dirinya sebut Kiai Ghofar, sungkan jika harus mendidik dan membangun pengembangan pesantren dengan cara meminta-minta ke pemerintah atau instansi lainnya. Namun jika ada yang berkenan membantu, dirinya juga tak pernah menolak. Termasuk perhatian dari Pertamina Gas Cilamaya, apa yang diberikan melalui CSR nya bertahun-tahun. Ia sangat mengapresiasi, karena satu visi dengan pesantren dalam menciptakan santri yang mandiri dan wirausahawan. "Kita sambut baik bantuan budidaya lele dari Pertamina Gas ini, karena satu visi melahirkan santri-santri mandiri," ujar dia.
Senada diungkapkan Ketua kelompok Abon Lele Bahagia Desa Cilamaya, Umayah, budidaya lele dan produksi abon lele adalah saling menguntungkan yang diapresiasinya mampu didorong perusahaan BUMN ini. Makanya ia berharap akses pemasaran produksi abon lele hasil program CSR Pertamina Gas bisa diperluas lagi untuk kemajuan usaha mikro yang sudah dilatih perizinan usaha rumah tangga ini. "Kita rasakan manfaatnya, tinggal kita harap abon lele yang sudah kami produksi ini bisa diberikan peluang pemasaran yang lebih luas lagi," jelas dia.
Camat Cilamaya Wetan Drs H Hamdani yang hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, Pemkab Karawang sudah memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk menyalurkan CSRnya dan tidak perlu lagi berupa uang, tetapi didorong pada usaha-usaha produktif dan pemberdayaan bagi masyarakat disekitar wilayah perusahaan tanpa harus mencemaskan intervensi dari birokrasi.
Karenanya, apa yang diberikan Pertamina Gas berupa budidaya lele ini sudah jitu guna mengelola CSR-nya bagi masyarakat sekitar, termasuk juga usaha kerajinan Abon lele. Lusa kemarin sebut camat, dirinya menghadiri pelantikan Dewan Kerajinan dan Usaha Daerah (Deraksada), ada amanah agar tiap-tiap kecamatan bisa difasilitasi kerajinan lokal untuk dipamerkan di even-even pemerintah. Cilamaya sebut Camat, akan siap menunjuk Abon Lele ini sebagai produk hasil kerajinan yang bisa disupport Pertamina Gas ke berbagai even pameran. "Yang jelas kita sangat apresiasi bantuannya dan minta pengembangan CSR ini bisa lebih banyak lagi," tandasnya.
Manajer Pertamina Gas West Java Area Dodi Noza mengatakan perusahaan berkewajiban mengoptimalkan CSR untuk masyarakat sekitar perusahaan. Ada sejumlah program yang sudah digulirkan Pertamina Gas Cilamaya ini. Ia melihat potensi budidaya ikan lele di Cilamaya ini cukup bagus prospeknya. Maka pihaknya menyinergikan antara ternak lele di Pesantren dengan produksi lele. Disamping juga, sudah digulirkan CSR ternak kambing dan kerjasama tanam padi di sawah sekitaran ring 1 Pertamina Gas Cilamaya.
Saat ini tambah Dodi, mencoba strategi pemasaran dari apa yang sudah diberikan, agar usaha ternak maupun produksi olahannya dipastikan tetap berjalan baik. Kedepan terus Dodi, pihaknya juga coba pemetaan CSR untuk pengelolaan sampah yang akan dibina mentor ahli dan bisa memilah sampah organik dan non organik. "Semoga saja, pesantren ini menjadi sentra rujukan pembelajaran lele dan abon bagi masyarakat desa lainnya," jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template