Cikampek Sarang Kosmetik Ilegal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cikampek Sarang Kosmetik Ilegal

Cikampek Sarang Kosmetik Ilegal

Written By ayah satria on Jumat, 26 Agustus 2016 | 16.25.00

CIKAMPEK, RAKA - Dua tahun terakhir Cikampek dan Kotabaru menjadi dua kecamatan yang paling disorot oleh dunia kosmetik. Bukan karena ada penemuan yang membuat kaum hawa semakin cantik, tapi gara-gara menjadi tempat pembuatan kosmetik ilegal.
Agar persoalan itu tidak kembali terulang, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atas saran anggota Komisi IX DPR RI harus repot-repot melakukan sosialisasi bahaya kosmetik ilegal di Cikampek. "Banyak beredar kosmetik ilegal di Cikampek. Jadi (sosialisasi bahaya kosmetik ilegal) ini perlu diberikan kepada masyarakat. Karena produk-produk seperti kosmetik dan obat tradisional disamping banyak yang ilegal, banyak juga mengandung bahan kimia," papar Apep, bagian Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BBPOM di sela kegiatan, Kamis (25/8).
Jika kosmetik ilegal dibiarkan, kata Apep, kesehatan masyarakat sangat terancam. Terlebih masyarakat sekarang ini, saat sakit ingin minum obat yang langsung ampuh, dan bisa langsung memberikan kesembuhan. Kondisi tersebut sering dimanfaatkan oleh produsen-produsen obat tradisional dengan cara nakal. "Obat tradisionalnya dicampur dengan bahan-bahan kimia. Padahal itu tidak boleh. Namanya obat tradisional harus murni herbal," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, obat yang mengandung bahan kimia memiliki efek samping berbahaya. Dia mengaku banyak menemukan obat tradisional yang dicampur dengan bahan kimia, padahal tidak memiliki izin edar. "Karena tidak memiliki izin edar. Dipastikan dosisnya tidak sesuai. Berbeda dengan dokter. Sebelum mengeluarkan obat dosisnya disesuaikan dengan diagnosanya. Dengan usia pasiennya juga," ujarnya.
Adapun dampak negatif jika mengkonsumsi produk ilegal berdosis tinggi, sepeti gagal ginjal, kanker bahkan termasuk peradangan terhadap otak. "Jadi memang kalau dosisnya tidak sesuai itu sangat berbahaya," ucapnya.
Sama halnya dengan kosmetik ilegal, masyarakat harus memahami kosmetik tidak bisa merubah warna kulit. Yang bisa merubah warna kulit adalah bahan kimia yang berbahaya. Seperti mercury, hydroquinon. Bahan-bahan berbahaya tersebut bisa mengakibatkan kanker. "Kosmetik itu hanya untuk mempercantik, menghaluskan, melembutkan. Bukan merubah warna kulit," ujarnya.
Tokoh masyarakat Cikampek, Dendi menyampaikan, acara tersebut sangat baik bagi warga Cikampek. Menurutnya ibu-ibu lebih berpeluang menggunakan produk-produk ilegal terutama kosmetik. "Pokoknya acara ini baik untuk warga. Karena dengan adanya penyuluhan dari BPOM, warga bisa tahu mana komestik yang berbahaya, dan mana makanan termasuk obat yang pake zat berbahaya," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template