Buruh dan Polisi Nyaris Ricuh di Pengadilan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buruh dan Polisi Nyaris Ricuh di Pengadilan

Buruh dan Polisi Nyaris Ricuh di Pengadilan

Written By Mang Raka on Kamis, 04 Agustus 2016 | 17.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Aksi simpatik buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Purwakarta di depan kantor Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta nyaris rusuh, Rabu (3/8). Buruh yang berencana masuk ke dalam ruangan sidang, dihadang petugas kepolisian. Dengan alasan keterbatasan jumlah pengunjung yang hendak menyaksikan jalannya persidangan dugaan kasus PHK sepihak para buruh yang dilakukan oleh PT IMC Tecno Purwakarta, petugas dengan tegas menutup rapat-rapat gerbang kantor Pengadilan yang berlokasi di Jalan KK Singawinata, Purwakarta tersebut.
Adu mulut antara para serikat pekerja dengan petugas kepolisianpun tak terhindarkan. Para buruh yang ingin tetap masuk dan menyaksikan langsung proses persidangan ke- 9 kasus tersebut tetap meminta petugas membuka gerbang. Sedangkan petugas tetap menutup gerbang dengan alasan kuota keterwakilan. "Saya hanya menjalankan tugas dari pihak pengadilan bahwa pengunjung sudah penuh. Pengunjung lainnya harus menunggu di luar," ujar perwira polisi yang berjaga di gerbang.
Namun pihak buruh tetap bersikeras meminta masuk ke dalam ruangan sidang. Melalui tim advokasi FSPMI Purwakarta, meminta agar petugas membuka gerbang dan membiarkan para pekerja ini masuk ke ruangan sidang untuk menyaksikan dan memberikan dukungan terhadap rekan-rekannya. "Inikan sidang umum terbuka, jadi jumlah pengunjungnya tidak dibatasi, kami tetap ingin masuk," ujar Kasma, tim Advokasi FSPMI.
Namun insiden ini tidak berlangsung lama. Salah seorang petugas PN Purwakarta keluar dan melakukan musyawarah. Alhasil pihak pengadilan mempersilahkan para buruh masuk ke pengadilan, dengan catatan tetap kondusif. "Ya sudah silahkan masuk untuk menyaksikan sidang, tapi saya minta tetap kondusif," ujar salah seorang pegawai pengadilan.
Persidangan dugaan kasus PHK sepihak oleh  PT IMC Tekno, kali ini mengagendakan keterangan dari saksi pihak perusahaan dan saksi ahli. Menurut pengurus cabang FSPMI, Ade Supyani, para buruh yang hadir dalam mengawal persidangan kali ini kurang lebih mencapai 200 orang. "Saya pastikan setiap sidang akan menurunkan para buruh untuk terus mengawal persidangan ini, hingga putusan nanti," ujar Ade saat usai sidang.
Ade juga menyangkan keterangan saksi dari pihak perusahaan yang dinilainya terlalu berbelit-belit, saat memberikan keterangan di depan para hakim. "Saksi dari perusahaan terlalu berbelit-belit saat ditanya oleh hakim," singkat Ade. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template