Bupati Didesak Pertahankan Hutan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bupati Didesak Pertahankan Hutan

Bupati Didesak Pertahankan Hutan

Written By Mang Raka on Kamis, 11 Agustus 2016 | 15.00.00

KARAWANG,RAKA - Klaim mengklaim kepemilikan atas tanah eks Tegalwaru Landen khususnya di Kecamatan Telukjambe Barat tampaknya tidak akan pernah berakhir. Bahkan, tidak sedikit masalah kepemilikan tanah tersebut yang diproses secara hukum mulai dari tingkat Pengadilan Negeri maupun PTUN hingga Peninjauan Kembali (PK).

Sebelumnya STTB dan Koperasi Usairi mengaku memiliki hak atas tanah seluas 791 ha yang diklaim milik PT Pertiwi Lestari. Rabu (/9/8) kemarin, ratusan warga  yang tergabung LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) bersama LSM Lodaya mendatangi kantor Pemkab Karawang. Mereka meminta agar sengketa lahan dengan PT. Pertiwi Lestari ditangani secara adil dengan mempertimbangkan masyarakat hutan yang sudah bermukim puluhan tahun di lahan milik Perhutani. "Kita minta bupati dapat mempertahankan hutan rakyat dari incaran para pengusaha yang akan menjadikan hutan sebagai kawasan industri," kata Kordinator Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) LMDH wilayah Jawa Barat, Nace Permana, di kantor bupati.
Nace dalam orasinya mengatakan Pemkab Karawang harus berada dibelakang rakyat untuk mempertahankan hutan bersama masyarakat hutan. Nace juga mempertanyakan dukungan unsur Muspida terhadap pengusaha yang mau menguasai lahan milik Perhutani. "Ada apa dengan Muspida Karawang yang terkesan malah memberikan dukungan kepada pengusaha. Mereka bukan orang Karawang jadi tidak berfikir akibatnya terhadap orang Karawang jika hutan dikuasai oleh pengusaha. Jadi kami boleh saja curiga dengan Muspida," katanya.
Nace mengatakan hak guna usaha (HGU) yang dimiliki pengusaha untuk menguasai hutan harus dibatalkan, karena proses ruislag tidak terjadi. Lahan tukar guling untuk lahan Perhutani sampai sekarang belum ada hingga perjanjian bisa dinyatakan batal. Atas dasar itu pihaknya akan mempertahankan setiap jengkal hutan dari incaran pihak swasta yang ingin mengekspolitasi hutan. "Hutan itu milik negara dan kami masyarakat hutan akan mempertahankannya apapun resikonya demi negara," katanya.
Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Teddy Ruspendi yang menerima demonstran menyatakan dukungannya bagi masyarakat hutan untuk menjaga kelestarian hutan. Menurutnya memang ada sejumlah pengusaha yang mengajukan perizinan terkait lahan yang bersengketa. Namun pemerintah mengaku tidak berani memberikan izin jika lahan tersebut bermasalah. "Apalagi jika menyangkut lahan hutan merupakan kewenangan dari Perhutani kita tidak bisa mencampurinya," katanya.
Terkait rencana  PT. PL yang tengah melakukan pemagaran, Pemkab, lanjut Teddy ,tidak memiliki kewenangan untuk melarang atau menolak untuk menerbitkan perijnannya. Sebab, perusahaan tersebut mempunyai dokumen kepemilikan berupa sertifikat . "Justru kita akan dipersalahkan, jika menolak izin tersebut," ucapnya.
Meski begitu, ketika aktivitas PT. PL menimbulkan reaksi masyarakat, tentunya Pemkab  akan melakukan evaluasi dengan mengumpulkan pihak-pihak terkait dengan mengundang Menteri Kehutanan, Perhutani, PT. PL, LMDH untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan ini. "Kita akan evaluasi, ini memang harus dikumpulkan untuk duduk bersama," ujarnya.
Teddy berjanji akan menyampaikan tuntutan masyarakat hutan ini ke bupati dalam waktu dekat ini. Namun dia mengingatkan agar masyarakat hutan tetap menjaga kondusifitas dan menyelesaikan sengketa dengan cara musyawarah hingga tidak terjadi gesekan dilapangan. Teddy berjanji akan memfasilitasi pertemuan antara pihak-pihak yang bersengketa agar bisa dicarikan solusi untuk menyelesaikan sengketa ini. Usai berorasi di depan  kantor bupati, massa pendemo langsung bertolak ke Gedung DPRD untuk menyampaikan tutntutan yang sama kepada Ketua DPRD Karawang, Toto Suripto.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template