Buat Program Menarik dan Berinovasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat Program Menarik dan Berinovasi

Buat Program Menarik dan Berinovasi

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 14.30.00

- SMKN 1 Tirtamulya Ingin Siswa Bersaing di Dunia Industri

KARAWANG, RAKA - Banyak program dan inovasi yang dibuat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Tirtamulya untuk meningkatkan kualitas siswa. Sehingga lulusan sekolah ini mampu bersaing di dunia industri.
Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Tirtamulaya, Taryana SS mengatakan, masyarakat Karawang saat ini sudah diberikan peluang yang sangat besar untuk bekerja di industri. Maka dari itu, masyarakat Karawang juga harus memberikan yang terbaik untuk para industri. Yaitu dengan menempa diri di sekolah dengan baik, sehingga saat lulus nanti bisa bekerja dan menjalankan tugas dengan maksimal.
Akan tetapi, menurutnya, hal tersebut tidak bisa dilakukan tanpa adanya program yang bagus di sekolah. Maka dari itu, SMKN 1 Tirtamulya meluncurkan beberapa program untuk para siswa. Dimana program tersebut dibuat untuk meningkatkan kualitas, membangun kedisiplinan, meningkatkan kecerdasan siswa dan melatih kerja sama yang baik.  "Kami punya beberapa ekskul di sekolah, dimana semua ekskul ditunjukan untuk membangun karakter siswa, mengasah kemampuan, mengasah kedisiplinan dan membiasakan diri untuk bisa bekerja sama dengan baik," katanya.
Bukan hanya ekskul, kata dia, pihak sekolah juga mengadakan apel pagi setiap hari. Dimana apel tersebut akan diisi oleh sedikit arahan dari kepala sekolah ataupun guru. Dengan demikian, kedisiplinan siswa kan terbentuk serta siswa akan terus termotivasi oleh arahan-arahan yang diberikan oleh guru dan kepala sekolah. "Jadi siswa kami setiap hari diberikan motivasi melalui apel. Siswa juga diajarakan kepemimpinan dan yang lainya. Dimana semua yang dilakukan semata untuk membentuk karakter yang dibutuhkan didunia industri," ucapnya.
Sementara itu, Kepala SMKN 1 Tirtamulya Abdillah menambahkan, selain dibentuk untuk menjadi pekerja yang disiplin, cerdas, semangat dan tekun, para siswa di SMKN 1 Tirtamulya juga kerap diberikan ilmu untuk menjadi seorang pengusaha atau enterpreneurship. Agar setelah lulus sekolah, para alumni bukan hanya mengisi dunia industri melainkan juga dapat membuka lapangan pekerjaan. "Jika hanya fokus dalam membentuk siswa untuk menjadi pekerja, maka hasilnya tidak akan maksimal. Maka dari itu, para siswa juga harus ada yang mampu berinovasi dan membuat gebrakan yang bagus. Yaitu dengan menjadi seorang pengusaha. Dengan demikian, masalah pengangguran di Karawang akan semakin bisa teratasi," pungkasnya.(yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template