BLK di Kotabaru Terkendala Lahan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BLK di Kotabaru Terkendala Lahan

BLK di Kotabaru Terkendala Lahan

Written By Mang Raka on Jumat, 12 Agustus 2016 | 14.30.00

KOTABARU, RAKA - Rencana Pemerintah Kabupaten Karawang membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di lima kecamatan, ternyata tidak mulus di Kecamatan Kotabaru. Kendalanya adalah lahan.
"Yang belum beres (BLK) tinggal yang di Kotabaru sama Cilamaya. Masih terkendala lahan, kalau di Rengasdengklok sama Pangkalan sudah beres," ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Karawang, Teo Suryana.
Ia menyebutkan, lima wilayah yang akan dibangun BLK adalah Karawang kota, Pangkalan, Rengasdengklok, Kotabaru dan Cilamaya. "BLK untuk mendidik dan melatih warga Karawang di daerah-daerah, agar memiliki keterampilan dan siap untuk masuk dunia kerja," tuturnya.
Jumlah industri di Karawang sebanyak 1.500 perusahaan, memerlukan tenaga terampil dan memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan. Kesempatan ini, kata Teo, akan sia-sia jika warga Karawang tidak memiliki kemampuan yang baik. Untuk itu, Pemkab Karawang terus melakukan langkah-langkah konkrit, agar bisa menjadi jembatan bagi warganya agar bisa masuk dunia industri. "Dalam persoalan tenaga kerja kita punya Perbup No 8 Tahun 2016, meski infonya akan dihapus. Tapi tetap kami akan dorong agar warga tidak kesulitan masuk kerja," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, pada bulan Juni lalu ada sekitar 2.500 orang yang masuk kerja ke dunia industri. Mereka semua melalui mekanisme perekrutan satu pintu, yaitu dari Disnaker Karawang. Dalam waktu dekat juga pihaknya berjanji akan kembali memasukan para tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan di Karawang. "Kalau ada lowongan kerja. Kami akan umumkan. Termasuk spesifikasi calon tenaga kerjanya. Seperti minimal pendidikan, keahlian dan lain sebagainya," ujarnya.
Sementara Camat Kotabaru Agus Sugiono mengatakan, program akan dibangunnya BLK di Kotabaru sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2014 lalu. Tetapi sampai saat ini masih belum bisa terealisasi karena masih terkendala lahan. "Masih terkendala pengadaan tanahnya, karena belum sesuai dengan anggaran yang direncanakan di BLK," ujarnya.
Dia berharap lahan untuk BLK bisa segera didapatkan, sehingga Kotabaru bisa memiliki BLK. Dengan demikian warga Kotabaru dan sekitarnya bisa lebih cepat meningkatkan keterampilan, agar bisa masuk dunia kerja. "Semoga bisa cepat-cepat terealisasi. Agar warga bisa terbantu untuk memiliki keterampilan yang sesuai, dan diinginkan oleh perusahaan," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template