Beri Ruang Pemuda Bangun Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beri Ruang Pemuda Bangun Desa

Beri Ruang Pemuda Bangun Desa

Written By Mang Raka on Sabtu, 20 Agustus 2016 | 12.30.00

KEMAJUAN suatu dusun atau desa nampak dari kegiatan yang pernah di selenggarakan kaum muda dan selalu berorientasi pada dukungan orang tua sehingga pengalaman demi-demi pengalaman bisa di rasakan. Pengalaman tersebut dijadikan studi banding dan tolak ukur untuk keberhasilan pada kegiatan atau pembangunan yang akan datang.
"Anggaplah kalau kita sering makan asam garam,garam yang pahit berikutnya gak mungkin lagi kita makan, kalau kita makan itu lagi berarti kita sengaja masuk ke jurang yang salah,” kata Yayan Doyok Sopian Pemuda Telagasari menyatakan.
Kadang kala, kata dia, pemikiran orang muda bertolak belakang dengan pemikiran orang tua. Terutama mengenai permasalahan yang akan membatasi ruang gerak. "Tinggal kita pikirkan dan pertimbangkan bersama-sama dengan memperhatikan beberapa sudut dan bila perlu komunikasi dengan yang lebih ahli sehingga hasilnya bisa diterima dengan baik," kata Yayan.
Realita di lapangan para pemuda hanya dijadikan sebagai tenaga kerja. Cara berpikir pemuda pun tak jarang tidak pernah dipakai untuk strategi pembangunan. "Contohnya ialah ketika memperingati hari kemerdekaan. Organisasi pemuda bisa diikutsertakan untuk memikirkan kegiatan yang akan diadakan serta bagaimana tata cara pelaksanaannya. Bukan tidak mungkin pikiran pemuda bisa diterima oleh masyarakat luas mengingat mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat," tandasnya.
Keluhan-keluhan masyarakat baik itu tentang kebijakan pembangunan desa maupun hal-hal yang lain bisa dijadikan sarana evaluasi yang berorientasi kemasyarakatan. "Biarlah semua pelaksanaannya di lapangan diatur oelh pemuda yang menjadi pekerja utama. Mengingat orang muda selalu siap sedia bekerja, kapan saja asalkan untuk kebaikan bersama," jelasnya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template