Beragam Cara Peringati Ritual Kemerdekaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beragam Cara Peringati Ritual Kemerdekaan

Beragam Cara Peringati Ritual Kemerdekaan

Written By Mang Raka on Sabtu, 06 Agustus 2016 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA - Beragam cara masyarakat untuk melakukan mempersiapkan HUT RI ditahun ini. Mulai dari kesibukan menghias rumah dengan beragam hiasan bendera merah h, hingga bentuk perlombaan yang nantinya akan disajikan dalam memeriahkannya. Seperti kemeriahan disepanjang jalan Babakan Dukuh, Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, yang terlihat disepanjang jalan itu, dipenuhi beragam warna bendera.

"Memang setiap tahun ini kan sudah menjadi sebuah tradisi kalau jelang Agustusan pastinya, banyak warga berlomba-lomba memperindah lingkungan sekitarnya. Minimalnya, dengan memasang bendera merah putih dan pernak pernik bendera yang warna warni  sebagai penghias kemeriahan menyambut HUT RI ditahun ini," terang Titin (40) pemilik warung kopi, ketika RAKA menemuinya di kedai miliknnya, di persimpangan jalan perbatasan kampung Babakan Dukuh, dengan Kampung Babakan Cengkong, Desa Sukasari tersebut.
Menurutnya, dari tahun ketahun memang lah tidak ada hal yang berbeda dalam menyambut hut RI, kalaupun  nanti ditanggal 17 agustus dimana puncak acara kemeriahan agustusan itu berlangsung. Hal ini yang memang setiap tahunnya, selalu diselenggarakan oleh seluruh warga yang ada diwilayah Babakan Dukuh, dalam menunjukan bentuk syukur kebahagiaan apa yang telah di wariskan para terdahulu, dalam berjuang untuk meraih kemerdekaan. "Ah, emang tidak ada bedanya, dari dulu juga a (RAKA), kebiasaan yang sudah biasa dilakukan pas agustus, pasang bendera hias rumah dan ada nanti pas tanggal 17 agustusannya, suuka ada acara perlombaan seperti panjat pinang dan lomba yang lainnya juga," ujarnya.
Oleh sebab itu, dia menambahkan, bawasannya telah secara meratanya pemasangan bendera di sepanjang jalan Babakan Dukuh itu pun, memang dilakukan pemasangan di awal bulan agustus dalam memberikan corak warna yang berbeda menandakan, saat ini merupakan bulan agustus dimana seluruh lapisan masyarakat yang ada diwilayah ini lakukan. "Saya rasa, ini sudah memang biasa dilakukan masayrsakat Indonesia pada umumnya, tidak hanya di kita saja, pemasangan bendera yang membuat terasa meriah hangatnya bulan agustus ini, jadi sering dilakukan pasang pernak perniknya, di tanggal 1 awal agustus biasanya," paparnya.
Hal senada disampaikan, Bripta Muna Ruhyana Anggota Polsek Purwasari, di lokasi serta ruang yang sama, menambahkan, Pasalnya, warga yang berada diwilayah Kecamatan Klari, memang sering melakukan pemasangan bendera serta pernak pernik hiasan bendera yang beragam warna sudah dilakukan pemasangan disepanjang jalan wilayah Babakan Dukuh, tidak hanya itu, sambung dia, seluruh gedung perkantoran Instansi pemerintahan, seperti kantor kecamatan Purwasari hingga seluruh Uptd yang ada ditingkatan Kecamatan, dan Polsek Purwasari, sudah terpampang puluhan bendera yang beragam warna serta bendera merah putih yang dipasang disepanjang jalan tersebut. Hal ini pun menjadikan keindahan paduan warna yang begitu memanjakan kedua mata pengendara yang melintas diwilayah ini nantinya. "Semua sudah dipasang bendera yang banyak warnanya, hingga merah putih. tidak hanya warga saja, yang sibuk mempercantik rumahnya, jajaran pemerintahan pun di tingkat kecamatan dan polsek sudah sibuk pasang bendera dalam menghias kantornya, guna menyambut Hut RI Ke 70 ditahun ini," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template