Benahi Sarana Pendukung Transportasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Benahi Sarana Pendukung Transportasi

Benahi Sarana Pendukung Transportasi

Written By Mang Raka on Rabu, 03 Agustus 2016 | 16.00.00

KLARI, RAKA - Selama ini, jika dicermati sarana dan prasarana transportasi termasuk infrastruktur yang ada memang belum memadai. Jarak tempuh angkutan umum yang dilalui juga belum sesuai, demikianpun jumlah trayek yang ada juga tidak sesuai. Termasuk keberadaan terminal masih perlu dibenahi secara serius.

Hal itu terungkap melalui sejumlah surat elektronik yang sampai ke meja redaksi, baru-baru ini. Intinya, masih banyak yang perlu dipertimbangkan dalam upaya penataan sistem transportasi, dimana hal paling pertama dilakukan adalah membenahi terminalnya sebagai infrastruktur terpenting sistem transportasi. Seperti diungkapkan pemerhati masalah transportasi, Jumadi Akbar, menurut dia keberadaan terminal disuatu daerah amatlah penting. "Penting keberadaan terminal disuatu daerah. Tetapi itupun harus presentatif," katanya.
Artinya, terang Jumadi, bukan hanya soal sarana dan prasarananya tetapi juga strategis lokasinya. Pertama terminal di karawang letaknya harus strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat dari berbagai penjuru. Selain itu pengelolaannya juga harus memenuhi standar pelayanan, paling tidak bisa menghadirkan suasana nyaman dan aman dihati calon-calon penumpang. Dan terakhir, jangan asal kelola saja, yang penting ada pajak atau retribusi lantas kualitas pelayanan dihilangkan. Paling tidak hal-hal inilah yang mesti diperhatikan.
Memang, idealnya sebuah kota harus memiliki konsep penataan transportasi. Apalagi untuk Karawang dengan kepadatan lalu lintasnya. Akan tetapi tentu saja untuk itupun mesti memiliki sebuah acuan. Paling tidak harus berorientasi terhadap luas wilayah kabupaten bersangkutan, sehingga persoalan-persoalan seputar transportasi yang kerap menjadi keluhan dapat diminimalkan.
Setidaknya inipun ditegaskan Iin Erlina, juga pemerhati di bidang yang sama. Menurut dia, hal-hal yang patut dicermati bukan hanya sebatas sarana dan prasarana pendukungnya saja, melainkan strategis wilayah bersangkutan juga patut diperhatikan. "Selain prasarana dan sarana seperti jalan utama, jalan sub-utama hingga jalan-jalan kecilnya, hal lain yang harus dicermati adalah letak tata bangunannya. Baik bangunan hunian atau fasilitas umum juga struktur tanah, dan tentu saja peraturan-peraturan lalin serta jumlah penduduk yang perlu kendaraan umum dan yang tidak membutuhkan transportasi umum," tandas Iin.
Terkait persoalan tata letak dan bangunan hunian, hal senada juga diungkapkan Huddi M, pengamat masalah lalulintas. Dia sependapat jika hal sangat urgent yang harus terpenuhi disektor transportasi, selain kebutuhan ruas jalan yang harus lebih dari cukup untuk menghindari traffic jam yang sudah mulai terjadi sepanjang waktu. Ini penting untuk diperhatikan, terlebih Karawang ini terus berkembang, baik dalam hal penduduknya akibat urbanisasi maupun kawasan industrinya. Kondisi ini akan membuat Karawang makin padat segalanya.
Padat jalannya dan makin sempit pula wilayahnya karena banyaknya bangunan-bangunan yang berdiri. Kondisi seperti ini tentu saja membutuhkan pertambahan panjang jalan.
"Kualitas angkutan umumnya juga mesti mendapat prioritas perhatian. Masih banyak angkutan umum yang sudah tidak layak jalan tapi masih dibiarkan bebas beroperasi," katanya.
Senada Huddi, hal sama juga diungkapkan  Alie Joehari. Dia sependapat kualitas angkutan umum amat sangat perlu ditingkatkan. Hal itu karena angkutan umum sangat diperlukan oleh masyarakat lantaran menjadi bagian dari perekonomian masyarakat. Hanya saja untuk menetapkan angkot sebagai moda transportasi masyarakat masih harus dipikirkan lebih jauh.
"Walau secara pribadi sebagai warga Karawang cinta lingkungan, saya berharap angkutan kota (angkot) bisa menjadi moda transportasi masyarakat. Meski untuk itu, saya pun sadar tidak mudah memang, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Hal itu bisa saja terjadi jika para pengusaha angkotpun punya rasa kepedulian untuk meningkatkan kualitas layanan angkot. Kendati demikian itupun perlu dukungan sarana dan prasarana yang memadai pula," tegasnya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template