Bayu Asih Rumah Sakit Lintas Zaman - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bayu Asih Rumah Sakit Lintas Zaman

Bayu Asih Rumah Sakit Lintas Zaman

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Agustus 2016 | 16.30.00

- Sudah Eksis Sejak Tahun 1930

PURWAKARTA,RAKA - Tidak banyak yang tahu jika Rumah Sakit Umum Bayu Asih Purwakarta merupakan Rumah sakit pertama di Purwakarta. Bahkan, RSUD Bayu Asih yang berlokasi di JL Veteran No 39 Purwakarta ini. Merupakan RS Tertua di 4 wilayah meliputi, Purwakarta, Karawang, Subang, dan Bekasi.
Didirikan pada masa penjajah Belanda dulu, Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta dibangun pada tanggal 18 Oktober 1930, yang langsung diresmikan oleh Gubernur Jenderal ACD de Graeff, Pastoor Van den Brug, dr.Dake dan dr.Bosman. Sementara arsitektur bangunan bernuansa Grenn Park ini, Dibuat oleh Nederlandsch Zendings Vereeniging untuk di persembahkan  Pemerintah (Hindia Belanda), serta di peruntukan bagi warga Indonesia.
Dengan di beri nama "Bajoe Asih" yang artinya pemeliharaan di dalam kekuatan derma pengasihan, RSUD Bayu Asih masih menjadi RS yang membanggakan, seiring zaman dan waktu terus mengalami perubahan baik dari sisi pelayanan bagi masayarakat maupun kepemilikan rumah sakit. Setelah kemerdekaan Republik Indonesia Rumah sakit Bayu asih langsung di kelola oleh Yayasan Gereja Kristen Pasundan.  Namun, pada tahun 1965 RS Bayu Asih di ambil alih oleh Kementerian Kesehatan. Hingga pada tahun 2003 pengelolaan dan kemilikan RS tersebut di serahkan ke Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan spirit otonomi daerah, maka berubahlah nama rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Purwakarta. Kini, rumah sakit tipe B dengan luas area 5 hektare ini, menjadi pusat terbesar kesehatan bagi warga Purwakarta baik rawat jalan maupun rawat inap, dengan jumlah 675 dari keseluruhan baik pegawai maupun tim medis.
Direktur RSUD, Bayu Asih Dr. H. Agung Darwis Suriatmadja, M,Kes. mengatakan, banyak peninggalan dimasa penjajahan dulu yang hingga kini masih tetap di jaga. "Nuansa hijau dari dulu kita masih tetap jaga karena bisa dilihat disini masih luas ruang terbuka hijau yang jarang ditemui apalagi di pusat kota," ujar dr. Agung saat ditemui di ruang kerjanya.
Meski begitu, lanjut Agung, seiring berjalan waktu banyak perubahan yang dilakukan pemerintah guna memberikan pelayanan bagi masyarakat. "Kalau dibilang direhab total tidak, karena masih menjaga sejarah. Namun, demi menunjang kenyamanan kita bangun beberapa ruangan demi pelayanan," kata Agung.
Pria yang menjabat sebagai Dirut RSUD Bayu asih sejak Juli 2012 ini menceritakan, dari dulu Rumah Sakit Bayu Asih memiliki tingkat emosional yang sangat tinggi dengan masyarakat di empat wilayah baik Karawang, Purwakarta, Subang, dan Bekasi. "Karena dulu hampir 80 persen di dominasi warga di 4 wilayah itu. dan dulu cara bayarna dengan sistem bayar panen jika sudah panen padi mereka membayar bekas berobat," ujarnya.
Menutup, dr. Agung berharap, RSUD Bayu Asih tetap menjadi pusat pelayanan yang terbaik sesuai dengan Visi Misi Rumah Sakit Bayu Asih. "Saya berharap bagaimana pun struktur organisasinya kedepan semakin baik pelayananya,'' pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template