Banyak LSM Bodong di Purwakarta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Banyak LSM Bodong di Purwakarta

Banyak LSM Bodong di Purwakarta

Written By Mang Raka on Kamis, 25 Agustus 2016 | 20.36.00

-Pengadilan Negeri: Belum Ada LSM yang Daftar di PN

PURWAKARTA,RAKA - Salah satu fungsi utama dari pembentukan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) adalah senantiasa ikut menumbuhkembangkan jiwa dan semangat serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan.
Demikian dikatakan Pengamat Kebijakan Publik di Purwakarta, Ir. Awod Abdul Ghadir menyikapi maraknya LSM-LSM yang malah menimbulkan rasa tidak nyaman di masyarakat. "LSM juga harus ikut aktif dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat bukan sebaliknya justru membuat keadaan menjadi semakin kacau atau lebih parah lagi malah meresahkan masyarakat," kata Awod, Rabu (24/8)
Pria yang juga salah satu pendiri Forum Masyarakat Purwakarta (Formata) itu menambahkan, idealnya LSM dapat turut serta melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan. "LSM harus memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan," tuturnya.
Menurutnya, sebagai wadah organisasi LSM harus bisa menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan aspirasi masyarakat di wilayahnya. Terutama dalam bidang pembanguan pada bagian yang kerap kali tidak diperhatikan oleh pemerintah. "LSM itu harus ikut memfasilitasi atau menghubungkan antara pemerintah dan masyarakat terutama dari bawah ke atas karena hal ini kerap kali diabaikan. Tentu saja sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing LSM tersebut," ujarnya.
Selain itu, lanjut Awod, LSM juga harus ikut menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama. "Dalam hal ini sangatlah penting karena jika anggota dalam LSM tidak memiliki potensi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan menjadikan LSM seperti halnya mayat hidup, yang ada keberadaannya namun tidak memiliki nyawa di dalamnya," kata Awod.
Terpisah, Bagian Hukum Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta, Suyat mengatakan keberadaan LSM yang tidak mendaftarakan lembaganya di Pengadilan Negeri setempat bisa dianggap ilegal. Menurutnya, hingga kini dari puluhan LSM yang ada di Kabupaten Purwakarta, belum ada yang mendaftarkan lembaganya secara resmi ke pengadilan. "Di Purwakarta, belum ada LSM yang mendaftarkan lembaganya di PN," ujar Suyat. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template