Ayo Tanam Ciherang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ayo Tanam Ciherang

Ayo Tanam Ciherang

Written By Mang Raka on Selasa, 02 Agustus 2016 | 15.00.00

RENGASDENGKLOK,RAKA- Para petani Desa Sampalan sepakat untuk menanam padi varietas ciherang, pasalnya varietas padi jenis ini tahan terhadap serangan hama. Selain itu, pada bagian batangnya varietas itu jauh lebih kokoh. Usianya lebih cepat untuk dipanen. Biji padi ciherang pun bobot timbangannya lebih berat dan menguntungkan petani.
Jamal, Kepala Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya, mengaku sudah merekomendasikan petani wilayahnya menanam varietas ciherang. "Saya sudah menghimbau para petani yang memiliki area satu hamparan untuk menanam padi varietas ciherang," terangnya kepada  RAKA.
Dikatakannya pula, bahwa selama ini hasil panen yang didapatkannya sangat variatif. Jika pada musim tanam rendeng bisa mendapatkan hasil 9 ton. Lain halnya jika musim tanam gaduh. Diakuinya, hanya bisa menghasilkan 7 ton saja. Kendati demikian harga jual gabah kering panen sekarang sudah lebih baik dari sebelumnya. Sebab, harga jualnya mulai bersaing dengan daerah lain. "Sejak jalan desa ini banyak mengalami perbaikan, harga jual gabah kering panen jadi  bagus, bersaing dengan harga gabah ditempat lain, sebelumnya harga gabah sangat murah, akibat jalan yang merepotkan pembeli gabah," sambungnya.
Ia juga menilai bahwa menanam satu varietas dalam satu hamparan dapat meminimalisir gangguan hama. Dan yang tidak kalah pentingnya, petani harus telaten terhadap tanaman padinya sejak mulai penyemaian. Karena menurutnya serangan hama datang tidak pasti. "Dan terakhir kami berpesan untuk selalu melakukan apa yang disarankan oleh petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL)," tegasnya.(fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template