Akrab dengan Guru, Jadi Betah di Kelas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Akrab dengan Guru, Jadi Betah di Kelas

Akrab dengan Guru, Jadi Betah di Kelas

Written By Mang Raka on Jumat, 12 Agustus 2016 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Mempunyai ruangan kelas yang nyaman saat kegiatan belajar dan bisa bermain serta menjaga kekeluargaan kekompakan bersama setiap guru, itulah yang terlihat di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Karawang Timur.
Salah seorang siswa kelas 9A sekolah ini, Auliyah mengatakan, bahwa enaknya belajar di sekolah bagi dia, pertama setiap ruangan kelas terjaga kebersihannya. Lalu bagi perempuan yang memiliki wajah manis ini, kekompakan teman serta kedekatan yang terjalin juga menjadi salah satu alasan yang membuat dia begitu senang berada di dalam kelas. "Teman-temanya pada asik kompak, apalagi sama gurunya jadi betah aja masuk sekolah tuh," akunya.
Menurutnya, jika suasana tersebut diberlakukan di setiap sekolah yang ada di Karawang, maka tidak ada lagi kabar tentang siswa yang membolos. Karena, kata dia, salah satu faktor yang membuat siswa tersebut memilih untuk tidak masuk kelas, karena tidak adanya keharmonisan yang terjalin baik antar teman maupun guru. "Mungkin ini bisa menjadi salah satu solusi dalam memberantas pergaulan siswa yang tidak baik di sekolah, soalnya aku aja gak mau bolos pengennya kalau libur tuh pengen cepet-cepet masuk malah," tuturnya.
Hal serupa juga disampikan teman satu kelasnya, Wisnu. Menurutnya, enaknya belajar di sekolah dan tidak enaknya belajar itu tergantung bawaan siswa itu sendiri dalam menghadapi segala hal. Karena bisa saja jika siswa tersebut tidak mengerjakaan apa yang ditugaskan oleh gurunya, membuat siswa itu menjadi takut dan memilih tidak masuk kelas. "Kalau pengalaman dari cerita teman-teman sih, biasanya tidak mengerjakan PR atau tugas juga menjadi salah satu alasan bolos, tapi tergantung kitanya aja," ungkapnya.
Sementara salah satu guru SMPN 1 Karawang Timur, Siti Kholisoh mengaku, jika selama kegiatan belajar berlangsung, justru tugas guru bukan hanya memberikan mata pelajaran saja. Melainkan ada tugas yang lebih berat yaitu bagaimana guru tersebut mampu menjaga kedekatan antar setiap siswa. "Guru itu sama halnya seperti orangtua, harus bisa mendidik dan mengetahui apa yang diinginkan oleh siswa, agar mereka bisa lebih semangat dalam belajar," ucapnya.(yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template