Absensi Anti Bolos - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Absensi Anti Bolos

Absensi Anti Bolos

Written By Mang Raka on Rabu, 31 Agustus 2016 | 12.00.00

Fingerprint Siswa Al Ihsan Terhubung ke HP Ortu

JATISARI, RAKA - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Ihsan Kalijati, Jatisari, melucurkan program baru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Program baru tersebut adalah fingerprint dan SMS gateway. Dimana setiap siswa melakukan fingerprint, secara otomatis akan terkirim pesan singkat ke nomor telepon orangtua siswa, atas kehadiran anaknya di sekolah.
"Ini program yang baru kami luncurkan. Sudah beberapa minggu berjalan. Alhamdulillah memberikan dampak positif kepada para peserta didik, guru dan orangtua siswa," ujar Wakasek SMP Al-Ihsan Taufik Luthfi M.PdI kepada Radar Karawang.
Peserta didik datang ke sekolah pukul 06.30 WIB, langsung fingerprint kemudian dilanjutkan salat duha. Setelah selesai salat, peserta didik langsung melanjutkan dengan pengajian ayat suci Alquran bersama-sama. "Jam setengah delapan, baru bel masuk. Peserta didik langsung mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) jam pertama," ujar alumni Magister Tarbiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.
Lebih lanjut dia menyampaikan, yang membedakan fingerprint di SMP Al Ihsan dengan sekolah lain, yaitu secara otomatis adanya sms yang dikirimkan ke nomor orangtua siswa yang sebelumnya sudah disetting. "Isi sms seperti SMS Kehadiran SMP AL-IHSAN
Tgl Monday, 15/08/2016, Anak Anda ADI MULYADI, Kelas IX, Telah Hadir di Sekolah, Pada Jam 07:05:58 Hadir Tidak Terlambat. Sedangkan jika terlambat, maka sms terakhirnya tertulis hadir terlambat sekian menit," katanya.
Berbeda dengan siswa yang izin sakit atau ada hal yang tidak bisa ditinggalkan. Maka harus ada pemberitahuan melalui orangtua siswa yang menelepon langsung ke pihak sekolah. "Yang izinnya orangtua harus telepon ke sekolah. Bukan SMS. Jadi memastikan bahwa siswa tersebut izin atas sepengetahuan orangtua," ujarnya.
Setelah jam pelajaran selesai, maka sebelum pulang peserta didik akan kembali melakukan fingerprint. Tetapi fingerprint dilakukan setelah salat zuhur berjamaah. Sehingga semua peserta didik benar-benar mengikuti jadwal yang sudah ditentukan di sekolah. "Saat siswa fingerprint pulang. Maka server akan otomatis mengirimkan pesan ke nomor orangtua siswa, bahwa siswa telah terverifikasi," jelasnya.
Dia juga menyampaikan, setelah adanya program tersebut, tingkat kedisiplinan siswa sangat baik. "Selama dua minggu ini tidak pernah ada yang alfa apalagi bolos," ungkapnya.
H Anwar Tajudin, orangtua Muhammad Rizki kelas VIII menyampaikan, program tersebut sangat bagus karena orangtua bisa mengetahui bagaimana aktivitas siswa di sekolah. "Saya acungkan jempol program baru di SMP Al-Ihsan. Kami sebagai orangtua jadi mengetahui begaimana perkembangan siswa di sekolah," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template