44 Guru Dilatih Kembangkan Literasi Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 44 Guru Dilatih Kembangkan Literasi Anak

44 Guru Dilatih Kembangkan Literasi Anak

Written By ayah satria on Jumat, 26 Agustus 2016 | 17.03.00


KOTABARU, RAKA - Sebanyak 44 guru dan kepala sekolah dasar (SD) dari 11 SD di Kecamatan Kotabaru, mengikuti pelatihan peningkatan minat baca para peserta didik, selama dua hari di SDN Pangulah Selatan 1.
"Ini program prioritas, tidak semua guru ikut. Sudah ditentukan oleh pihak USAID," ujar Ketua PGRI Kotabaru Iwa Hirana di sela-sela kegiatan, Kamis (25/8).
Dia menyampaikan, ada titik perbedaan dari pelatihan-pelatihan sebelumnya. Dimana peran guru sebagai pembimbing para peserta didik, harus mengawal peningkatan minat baca. Bahkan pihak USAID menyediakan buku bacaan yang disiapkan untuk dibaca oleh para peserta didik secara berjenjang. "Kalau dulu hanya menyiapkan tempat untuk membaca. Seperti pojok baca. Kalau sekarang bukunya disiapkan, dan terus dikawal agar buku yang ada dibaca semua oleh siswa," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, hanya diadakan di 11 kecamatan dari 30 kecamatan di Karawang. Kemudian untuk setiap kecamatan juga tidak semuanya dilibatkan, hanya melibatkan beberapa rayon saja. "Khusus di Kotabaru hanya diikuti 11 SD. 9 sekolah negeri, 2 sekolah swasta," ujarnya.
Menurutnya minat maca peserta didik di Kotabaru memang harus terus ditingkatkan. Pelatihan tersebut sangat membantu karena didalamnya dipelajari bagaimana metode, maupun cara agar bisa lebih baik dalam membimbing. "Pelatihan ini, peserta diberi langkah-langkah bagaimana cara terbaik menyampaikan kepada para peserta didik, agar minat bacanya meningkat," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, peserta didik yang sudah melahap buku bacaan. Diharuskan mampu mempresentasikan apa yang dibacanya dihadapan peserta didik, dan guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). "Kami berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas peserta didik khususnya di Kotabaru. Dan bisa meningkatakan mutu pendidikan," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template