11 Narapidana Dibebaskan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 11 Narapidana Dibebaskan

11 Narapidana Dibebaskan

Written By Mang Raka on Kamis, 18 Agustus 2016 | 16.00.00

*Ratusan Napi Dihadiahi Remisi

KARAWANG, RAKA - Ratusan narapidana dari berbagai kasus di Lembaga Pemasyarakat (Lapas) kelas II A, Warungbambu, mendapatkan remisi. Bahkan 11 diantaranya langsung menghirup udara segar alias bebas dan bisa berkumpul dengan keluarganya.

Ini bukti bahwa makna HUT Kemerdekaan ke 71 ternyata tetap bisa dinikmati warga meskipun hak kemerdekaannya tengah terampas karena perbuatannya melawan hukum di masa lalu. "Warga binaan yang mendapatkan remisi melalui tahapan dan syarat lainnya khususnya mereka yang berkelakuan baik dan taat terhadap aturan," kata Kalapas Kelas II A  Warungbambu Karawang, Zaenal Arifin, Rabu (17/8).
Zaenal menegasnya pernyataannya tentang remisi yang diberikan kepada ratusan warga binaan termasuk 11 warga binaan yang dinyatakan bebas`dilakukan berdasarkan  keputusan Presiden RI Nomor 120 tahun 1955 yang dilanjutkan Kemenhumham. Dikatakannya, besaran remisi yang diperoleh warga binaan, mulai dari satu hingga enam bulan. Sebanyak  152 warga binaan mendapat remisi satu bulan, 66 warga binaan mendapat remisi dua bulan serta, 87 warga binaan mendapat remisi tiga bulan. Kemudian, 49 warga binaan mendapat remisi empat bulan serta 28 warga binaan mendapat remisi 5 bulan. Terakhir, 11 warga binaan yang langsung bebas. “Remisi bukan hanya berupa hadiah untuk sekedar bebas dari masa tahanan saja. Motivasi lain dari pemberian remisi adalah sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri guna mendorong warga binaan agar kembali memilih jalan yang benar,” katanya.
Terkait itu, Bupati Karawang, dr. Cellica Nurachadiana, mengungkapkan remisi merupakan suatu instrumen untuk  mendorong semangat narapidana yang  berkelakuan baik.
Selain itu, kata Cellica,  pemberian remisi bukan semata-semata diberikan, ini melalui berbagai proses dan keputusan yang diambil oleh pemerintah. “Kami bersama-sama untuk merasakan kemerdekaan. Sudah saatnya bangsa Indonesia melakukan revolusi metal dalam proses untuk merubah secara drastis. Prilaku dan mental negatif yang sudah melekat dan membudaya pada diri setiap warga negara dalam membangun karakter,” ucapnya.
Menurutnya, warga binaan yang mendapat remisi kali ini mereka yang telah menunjukan prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan. Selain itu yang tidak kalah penting adalah, sambung Cellica, pemberian remisi ini telah persyaratan sebagaimana diamanatkan dalam UU No 12 tahun 1995, tentang permasyarakatan dan keputusan presiden nomor 174 tahun 1999 tentang remisi. “Melalui remisi juga dapat mempercepat proses kembalinya warga binaan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga mereka memiliki  kesempatan untuk menginternalisasikan nilai-nilai ke masyarakat secara tepat. Serta memperbaiki kualitas hubungan antara warga binaan dan keluarganya,” terangnya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template