10 Persen Perusahaan di Purwakarta Bermasalah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 10 Persen Perusahaan di Purwakarta Bermasalah

10 Persen Perusahaan di Purwakarta Bermasalah

Written By Mang Raka on Selasa, 09 Agustus 2016 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Sekretaris Komisi III DPRD Purwakarta, Dadang Sudirman ER, SE, MM, mengaku prihatin dengan minimnya pengawasan, pembinaan dan penindakan dari intansi terkait pengelolaan limbah pabrik, baik berupa limbah padat, cair maupun limbah bahan berbahaya beracun (B3).
"Dari 246 perusahan yang berpotensi limbah, hanya diawasi oleh 4 orang dari intansi terkait, belum lagi yang berkaitan dengan limbah klinis, pengawasannya sangat minim," ujarnya Senin (8/8).
Menurutnya, dari hasil sidak ke beberapa perusahaan yang dilakukan Komisi III, banyak ditemui pengelolaan limbah yang bermasalah secara teknis maupun administratif. "Saya kira, mencapai 10 persen yang bermasalah secara teknis dan administratif," ungkap politisi asal Plered itu.
Purwakarta, tambah Dadang, pernah memperoleh Invest Award beberapa waktu lalu. Idealnya hal itu dibarengi dengan pembinaan dan pengawasan yang berkelanjutan terhadap perusahaan-perusahaan yang berpotensi limbah. "Jangan kemudian hanya dibiarkan saja, ini perlu tindakan yang berkelanjutan, kita juga mendorong pemerintah daerah (Bupati) untuk menambah tenaga teknis di Badan Lingkungan Hidup (BLH)," katanya.
Dadang mengingatkan, dalam UU Nomor 32 Tahun 2009 dikatakan, bahwa pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan adalah upaya sadar dan terencana yang memadukan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi kedalam strategi pembangunan untuk menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan. "Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka, terutama terkait lingkungan hidup," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template