0 Kilometer Karawang Hilang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 0 Kilometer Karawang Hilang

0 Kilometer Karawang Hilang

Written By Mang Raka on Selasa, 16 Agustus 2016 | 13.00.00

Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki monumen yang berharga, diantaranya tugu nol kilometer. Kilometer Nol (juga ditulis 0 km) atau sebutan dalam bahasa lainnya, merupakan sebuah lokasi di mana jarak secara tradisional diukur.
Di beberapa daerah sebut saja Bandung, Semarang, Belitung, menjadikan tugu 0 km sebagai magnet menggaet wisatawan. Tidak jarang para wisatawan mengabadikan tugu tersebut dengan berselfie ria. Bahkan tugu 0 km dijadikan tagline seperti "Belum ke Belitung Kalau Belum ke 0 Km".
Lalu bagaimana dengan Kabupaten Karawang yang kabarnya sedang getol membenahi sektor pariwisata? Berdasarkan penuturan Kabag Humas Matin Abdul Razak, titik 0 km Karawang berada di sekitar alun-alun. Berbekal pernyataan Matin, Radar Karawang mencari titik 0 km. Namun, tugu yang seharusnya berada di alun-alun ternyata hilang.
H Jejen (62) warga Kampung Kaum, Kelurahan Karawang Kulon, Kecamatan Karawang Barat, mengatakan, tugu 0 km dihilangkan saat alun-alun dipugar sekitar tahun 1994, saat MTQ Provinsi Jawa Barat digelar di Karawang. "Tugu itu tepat beberapa langkah di depan gerbang Masjid Agung. Warna nol nya merah, tugu tingginya sekitar lutut orang dewasa," ungkapnya kepada Radar Karawang, Senin (15/8) kemarin.
Ia melanjutkan, setelah luas alun-alun dipersempit, lalu sebagian dijadikan jalan umum, tugu itu tidak pernah dibangun kembali. "Mungkin jarang ada orang yang nanya lokasi nol kilometer, jadi gak dibangun lagi," tuturnya.
Penuturan berbeda justru diungkapkan petugas bagian Informasi Pengarsipan dan Dokumentasi Daerah, Endang. Berdasarkan data yang dimiliki arsip daerah, kata Endang, letak titik 0 kilometer yang menjadi titik awal masuk ke Kabupaten Karawang, berada di wilayah perbatasan antara Karawang dengan Bekasi. Tepatnya sepelemparan batu dari jembatan Bojong. "Menurut saya, 0 kilometer wilayah Kabupaten Karawang berada di tugu selamat datang yang ada di Bojong," ujar Endang.
Penasaran dengan pernyataan Endang, Radar Karawang mendatangi lokasi yang dimaksud. Sesampainya di perbatasan Karawang-Bekasi, tugu yang dimaksud juga tidak ada. Yang ada justru tugu 6 km Karawang. (psn/ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template