Tetap Semangat Meski Menjanda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tetap Semangat Meski Menjanda

Tetap Semangat Meski Menjanda

Written By Mang Raka on Rabu, 27 Juli 2016 | 12.00.00

BAGI sebagian kalangan, menjanda mungkin bakal mengundang cibiran sosial. Tak ayal keadaan ini membuat mereka down dan terpuruk. Namun, siapapun yang memiliki kepercayaan diri tinggi, ia bisa bangkit menjadi pribadi yang tangguh menghadapi kegetiran hidup.
Demikian disampaikan, Zubaidah, wanita yang sudah berpisah selama 5 tahun dengan suaminya. Kini ia terpaksa menghidupi sendiri 2 orang anaknya yang sudah duduk di kelas 3 SMP dan 5 SD seorang diri. Dalam situasi menjanda, diakuinya banyak tekanan yang dihadapi utamanya dari gosip tetangga. "Ya namanya juga enggak punya suami, pasti diomongin aja. Tapi intinya kita percaya diri, dan tidak minder. Terus tunjukan bahwa kita tidak seburuk seperti apa yang mereka kira,"kata dia mengawali perbincangan.
Untuk meningkatkan kapasitas menjadi seorang wonder women yang tak menyerah pada keadaan, ia pernah mengikuti bimbingan sosial dan keterampilan bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) yang digelar Dinas Sosial beberapa waktu lalu. "Karena terus terang saja, paska sepeninggalan suami dan bekas suami, praktis kitalah yang harus menjadi tulang punggung keluargan khususnya untuk memberikan nafkah bagi anak-anak,"kata dia lagi.
Diakui dia, pelatihan sosial itu terasa sangat berharga bagi dirinya. Sebab, ditengah terpaan dan himpitan hidup, ia mendapati secercah harapan dengan dibekalinya ilmu pengetahuan, motivasi untuk pengembangan diri. "Perlu keinginan kuat bagi para Janda untuk mampu menghadapi kenyataan hidup. Maka dia perlu berjuang keras menghasilkan uang dengan pelatihan yang diberikan,"kata dia.
Para Janda yang ada di beberapa kecamatan memang pernah mendapat bimbingan sosial WRSE. Mereka dikumpulkan untuk diberi motivasi dan keterampilan. Kini, perbedaan pun semakin nyata terlihat paska mendapat pelatihan tersebut. "Saya sudah bisa berusaha, berbisnis kecil-kecilan bikin baju, ya lumayan lah, saya masih bisa bertahan. Saya juga berpesan agar para wanita yang ditinggalkan suami, tetap semangat, jangan menyerah dengan keadaan,"tandas dia. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template