Sudah Setahun Duit BOP PAUD Belum Juga Cair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah Setahun Duit BOP PAUD Belum Juga Cair

Sudah Setahun Duit BOP PAUD Belum Juga Cair

Written By Mang Raka on Rabu, 27 Juli 2016 | 13.30.00

TELAGASARI, RAKA - Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dari APBN untuk operasional PAUD mulai digelontorkan tahun ini. Namun, ajuan yang sudah dilayangkan tahun ajaran 2015/2016 itu belum juga cair meskipun tahun ajaran baru sudah berlangsung. Meskipun dana Rp 12-20 juta per PAUD sudah ada di Pemkab, namun para pengelola PAUD justru direpotkan dengan penyesuaian Peraturan Menteri dalam Negeri (Permendagri) terkait format ajuannya. Akibatnya, ratusan PAUD di Karawang kalang kabut karena harus membuat ulang proposal lebih dari 3 kali.
Itu diakui Kepala PAUD Siliwangi Dusun Gedangmanggala Desa Cilewo Kecamatan Telagasari Nyai Rukaynah S.pd. Ia sudah 3 kali berganti proposal ajuan untuk BOP. Menjelang dicairkan, ajuan sebelumnya dianggap belum sesuai sehingga formatnya banyak dirubah. Ini berdampak pada lambatnya pencairan BOP untuk operasional PAUD yang baru turun tahun 2015/2016. Dirinya juga risih, saat format proposal dianggap sudah benar, namun pihak terkait justru melihat ajuan dari kecamatan lain yang berbeda, harus diganti-ganti lagi.
Akibatnya, ia percayakan saja kepada forum Himpunan Pengelola PAUD Indonesia (Himpaudi) untuk memfasilitasi keseragaman proposal ajuan untuk BOP yang kisarannya Rp 12-20 juta pertahun ini. Ia menyesalkan karena di satu sisi, PAUD itu didorong untuk digalakan, namun SDM yang belum memadai terutama bagi para tutornya, dibikin ribet oleh pemerintah dengan berganti-ganti format baku. Padahal sebut Nyai, mengapa pemerintah tidak membuat ajuan BOP lebih fleksibel dibanding lembaga lainnya. Apalagi nominalnya diakui Nyai belumlah cukup untuk membiayai ATK, buku dan operasional lain. "Kita sudah 3 kali bikin ajuan, pas mau cair salah lagi salah lagi, mengapa tidak fleksibel saja bagi lembaga pendidikan sekelas PAUD mah," keluh dia.
Sementara itu, Penilik UPTD PAUD/SD Lemahabang Suta Spd yang didampingi Penilik lainnya Andang Hermawan S.pd mengatakan ajuan BOP sebenarnya sudah masuk sejak awal tahun ajaran 2015/2016. Namun menjelang cair, harus ada penyesuaian sesuai Permendagri, karena duit BOP ini dari APBN yang transit di Pemkab, harus menyesuaikan.
Sehingga, diakuinya, format ajuan harus direvisi ulang sesuai aturan meskipun tahun ajaran 2016/2017 sudah dimulai. Nominalnya sendiri dihitung Rp 600 ribu persiswa pertahun, atau Rp 12-20 jutaan per lembaga PAUD tergantung skalanya. Seharusnya sebut Andang, BOP ini cair akhir Juni lalu, namun sampai saat ini masih disibukan oleh format ajuannya. "Harusnya sih akhir Juni sudah cair, tapi karena formatnya harus menyesuaikan ulang, ya sampai sekarang belum juga rampung," jelas dia.
Lebih jauh Andang menambahkan, penerima BOP ini tidaklah bagi semua PAUD, tapi hanya PAUD yang sudah berbadan hukum saja yang masuk daftaran penerima BOP. Di Lemahabang saja sebutnya, dari 30 PAUD, hanya 23 PAUD saja yang menerima. Memang, BOP ini baru diberlakukan tahun ini yang diharapkan kedepan bisa lancar. "Gak semua PAUD dapat, karena yang jadi penerima itu ya yang sudah berbadan hukum saja," jelas dia.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Formal dan Non Formal (PNFI) Disdikpora Karawang, Amid Mulyana membenarkan bahwa BOP PAUD belum cair. Semuanya masih dalam proses pemberkasan sama seperti yang terjadi dengan kabupaten/Kota lainnya. Baginya, pengajuan itu tidaklah berulang-ulang, tapi karena ada kesalahan yang harus diperbaiki. Dirinya bahkan siang malam tanda tangan berkas ajuan tersebut. "Tidak diulang-ulang, cuma ada yang salah saja harus diperbaiki," sangkalnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template