Siasati Longsor Warga Bangun Turap - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siasati Longsor Warga Bangun Turap

Siasati Longsor Warga Bangun Turap

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 Juli 2016 | 12.30.00

TEGALWARU, RAKA - Akibat sering mengalami longsor warga Kampung Kadu Mungkus, Desa Cinta wargi, secara swadaya membangun turap sepanjang 20 meter. Bangunan setebal 30 cm dan tinggi 4 meter itu dibangun menggunakan Anggaran Dana Desa.

Melalui pembangunan turap itu diharapkan pelataran kampung yang berdiri rumah-rumah warga di blok Kampung Kadu Mungkus dan disekat oleh terjalnya perbukitan cigulingmunding bisa aman dari longsor. Terutama saat hujan, material cadas bukit sering luruh ke pekarangan rumah warga. Bagian bibir bukit itulah yang mengalami penurapan.
Prosesnya pun dilakukan dengan teknis bertahan dengan lebar pondasi hampir satu meter hingga ke posisi atas. Anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan itu sekitar Rp 155.000.000 diambil dari Dana Desa tahun anggaran 2016, selain dana swadaya masyaralat. Untuk pembangunan wilayah berbasis kerakyatan, saat ini serapan anggarannya memang bisa menggunakan dana desa dengan parameter yang berlaku serta dipayungi undang-undang. Hanya saja peran masyarakat dalam membangun desa nya pun diikutsertakan agar bisa mengetahui perkembangan pembangunan desa yang bersama mengawasi.
"Teknis petunjuknya memang sudah diatur oleh panduan pembangunan desa yang disahkan berdasarkan payung hukum anggaran dana desa yang sudah diberikan Kementerian Dalam Negeri. Sementara masyarakat pun memang dituntut kontribusinya dalam pelaksanaannya agar bisa sinergis dengan apa yang sudah dibangun dalam penyelenggaraan penggunaan dana desa. Sekarang ini Desa Cintawargi tengah melaksanakan proses pembangunan wilayah melalui program penurapan," ucap Nuri (32), Pendamping Kecamatan Tegalwaru yang diperbantukan dari Pemda Karawang, Jumat (29/7).
Sementara Kepala Desa Cintawargi, Agus, mengatakan, pembangunan turap bibir bukit Ciguling Munding yang menjadi pelataran rumah warga sering terjadi longsor ketika musim hujan. Seperti terjadi beberapa hari lalu, saat hujan besar turun material yang tergerus terbawa air hujan dan mengancam rumah warga dibawahnya. "Akhirnya kami kabulkan karena bersifat menyeluruh dan warga membutuhkan. Maka kami bangun apalagi pembangunan langsung disaksikan tim monitoring Pemerintah Kecamatan Tegalwaru yang intens terhadap perkembangan pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Tegalwaru saat ini. Diharapkan bukan saja di Kadu Mungkus akan tetapi pembangunan fasilitas umum yang ada di wilayah kami bisa secara menyeluruh kami bangun," ucapnya.
Ditempat terpisah, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Tegalwaru, H.Jumria.S.Sos, menegaskan, verifikasi monitoring pembangunan desa yang ada di wilayah Kecamatan Tegalwaru akan terus dilakukan pemeriksaannya secara intensif, terukur dan akselerasi, agar pemerintah desa dalam penggunaan anggaran tidak melenceng dari peruntukannya. "Ini demi terselenggaranya pembangunan yang serius di seluruh desa dan penggunaan anggaran bisa kami pantau. Pemerintah desa sebagai pelaksana anggaran dan kami sebagai controller pelaksana. Saya juga menghimbau agar masyarakat ikut mengkritisi pembangunan yang ada diwilayahnya," tandasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template