Seimbangkan Kecerdasan Otak dan Skill - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seimbangkan Kecerdasan Otak dan Skill

Seimbangkan Kecerdasan Otak dan Skill

Written By Mang Raka on Rabu, 27 Juli 2016 | 15.30.00

- SMAN 5 Karawang Tanamkan 18 Karakter Positif

KARAWANG, RAKA - Banyak hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kualitas siswa, salah satunya adalah dengan menanamkan karakter positif ke setiap individu siswa. Seperti yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Karawang kepada para siswa lama ataupun barunya. Ada 18 karakter ditanamkan secara mendalam dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan sekolah maupun di rumah.
Wakasek Kesiswaan SMAN 5 Karawang, Dra Wida Widiawati mengatakan, 18 karakter tersebut diantaranya kedisiplianan, cinta lingkungan, cinta tanah air, hormat orangtua dan guru, gotong royong, peduli sosial, semangat nasional serta karakter baik lainya. Teori 18 karakter tersebut diberikan oleh orang-orang yang berkompeten dan langsung dipraktikan di lingkungan sekolah. "Kami hanya ingin para siswa yang lulus di SMAN 5 Karawang bisa menjadi orang yang berguna, bagi dirinya sendiri, orang tua, keluarga, lingkungan sekitar, agama dan negaranya. Maka dari itu, untuk mewujudkan semua itu, perlu dilakukan tahapan-tahapan yang pas saat berada di bangku sekolah," katanya.
Bukan hanya 18 karakter saja, para siswa juga selalu diajarkan 5S oleh guru, kepala sekolah dan yang lainnya. Yaitu dengan cara memberikan contoh langsung seperti budaya menyambut siswa di gerbang sekolah. Dengan demikian, para siswa akan mempercayai apa yang dikatakan oleh gurunya. "Kami tidak hanya sebatas memberikan teori, namun contoh juga kami lakukan. Karena pelajaran terbaik adalah dengan memberikan contoh. Jadi setiap pagi guru selalu datang lebih awal dibandingkan siswa, setelah itu, para guru menyambut siswa untuk bersilaturahmi dan yang lainya," ucapnya.
Sementara itu, Kepala SMAN 5 Arawang, Agus Setiawan mengatakan, para siswa juga diberikan pelajaran penyuluhan narkoba, kesehatan, lalulintas, mitigasi bencana, IHT, dan yang lainya. Hal tersebut dilakukan untuk mencetak siswa berkualitas. Sehingga kecerdasan otak atapun kemampuan skil seimbang. "Sekolah juga menyediakan banyak ekskul untuk para siswa, di mana ekskul tersebut berfungsi sebagai penyalur hobi, minat serta bakat yang dimiliki siswa," tuturnya.
Menurutnya setiap masuk kelas, siswa melakukan hormat bendera, melakukan tadarus, dan membaca buku. Hal tersebut sesuai dengan perintah kementrian pendidikan Republik Indonesia yaitu tentang literasi. "Selain kewajiban yang diperintahkan pemerintah, kami juga terus berupaya melakukan inovasi dan terobosan dalam meningkatkan kualitas siswa," pungkasnya. (yna)

Beberapa karakter yang ditanamkan pada siswa
- Kedisiplianan
- Cinta lingkungan
- Cinta tanah air
- Hormat orangtua dan guru
- Gotong royong
- Peduli sosial
- Semangat nasionalisme
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template