Sadar Bersih Warga Masih Rendah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sadar Bersih Warga Masih Rendah

Sadar Bersih Warga Masih Rendah

Written By Mang Raka on Jumat, 22 Juli 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Persoalan sampah serta kebersihan lingkungan di wilayah Kabupaten Karawang menjadi sorotan para pemerhati lingkungan yang berada diwilayah ini. Ternyata  penyebab dari itu semua, yakni kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih rendah.

"Tumpukan sampah disetiap wilayah menjadikan bukti akan kesadaran masyarakat terhadap cinta akan kebersihan masih rendah. Maka itu, diharapkan masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Karawang dapat sadar dan peduli terhadap lingkungn disekitarnya," ujar Wildan Purnama, tokoh pemuda di wilayah Kecamatan Klari, ketika menyikapi, persoalan kebersihan lingkungan diwilayah Kabupaten karawang.
Menurutnya, kesadarann masayarakat terhadap peduli akan kebersihan lingkungannya. Selama ini masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Karawang kurang begitu peduli terhadap akan kebersihan lingkungan disekitarnya masing-masing. Hal ini menjadikan banyaknya tumpukan sampah terutama diwilayah pedesaan. “Kita telusuri saja, lihat berapa banyak tempat pembuangan sampah liar diwilayah pedesaan,  hal itu menjadi nilai ketidak pedulian masyarakat terhadap kebersihannya,” terangnya.
Selain itu, sambung dia, upaya pemerintah Daerah hanya memberlakukan pelarangan dalam bentuk tulisan saja. Padahal, upaya pelarangan yang hanya berupa tulisan tidak akan membuat efek jera bagi masyarakat yang selalu seenaknya membuang sampah sembarangan. “Kalau hanya larangan dalam bentuk tulisan tidak akan mempan, harusnya ada berupa sangsi biar mereka jera nantinya,” katanya.
Oleh sebab itu, dia menambahkan, harus adanya ketegasan dari pemerintah Daerah terhadap kebersihan lingkungannya. Hal ini dinilai percuma saja, penataan pemerintah daerah dalam mempercantik wilayahnya, kalau tidak ada kesadaran dari masayrakatnya. “Percuma adanya penanaman pohon di sepanjang jalan, kalau masyarakatnya, lupa dan tidak peduli terhadap kebersihannya,” tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template