Rusunawa Poponcol tak Terawat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Rusunawa Poponcol tak Terawat

Rusunawa Poponcol tak Terawat

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 Juli 2016 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Nampaknya masyarakat Purwakarta yang ingin menempati bangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Poponcol di Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan Purwakarta, masih harus bersabar.
Hingga sekarang, bangunan yang dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU dan Perumahan Rakyat tersebut, belum diserah terimakan kepada Pemerintah Daerah Purwakarta kendati pembangunan rusunawa tersebut sudah selesai cukup lama. Namun sangat disayangkan, bangunan yang dibangun dengan dana yang tidak sedikit tersebut, kondisinya sangat tidak enak untuk dilihat, apalagi untuk dihuni. Hal ini terungkap saat beberapa awak media mendatangi rusunawa tersebut,
Niko Haryo Suseno, penjaga rusunawa Poponcol mengatakan, kerusakan beberapa bangunan seperti pintu, jendela serta lampu yang pecah disebabkan perbuatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dirinya ditunjuk oleh pengembang untuk menjadi penjaga di rusunawa tersebut. "Saya ditunjuk menjadi penjaga dan tinggal disini dari bulan Februari yang lalu, memang sebelum dijaga, ada beberapa bangunan yang dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Alhamdulillah saat ini tidak lagi," kata Niko.
Niko juga menjelaskan, kondisi rusunawa Poponcol yang memiliki rusun sebanyak 198 saat ini, sebenarnya belum cukup layak untuk dihuni apalagi bangunan rusun ini cukup lama tidak ditempati apalagi ada beberapa fasilitas yang belum ada. "Ada beberapa bagian rusun yang sengaja dirusak orang dan fasilitas air serta listrik belum, tapi memang untuk instalasinya sudah ada," jelasnya.
Di tempat terpisah, Kabid Perumahan dan Pemukiman Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Purwakarta, Ryan menjelaskan, secara formal bangunan rusunawa Poponcol tersebut belum menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Purwakarta, karena belum ada serah terima dari Pemerintah Pusat. Dalam hal ini Kementerian PU. "Jika sudah serah terima baru akan dibuat regulasinya melalui Peraturan Bupati (Perbup) sebagai landasan hukumnya," jelasnya.
Ryan juga mengatakan, jika perbup sudah ada terkait rusunawa Poponcol tersebut, nantinya baru bisa ditentukan siapa yang akan menjadi pengelola rusunawa Poponcol, berapa biaya sewanya, serta siapa saja dan kriteria masyarakat seperti apa yang bisa menghuni rumah susun tersebut. "Mudah-mudahan serah terimanya bisa dalam waktu dekat ini, sehingga masyarakat yang masuk dalam kriteria sebagai penghuni rusun bisa mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak," ujarnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template