Puluhan Hektare Sawah Terancam Kekeringan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Puluhan Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Puluhan Hektare Sawah Terancam Kekeringan

Written By Mang Raka on Kamis, 28 Juli 2016 | 12.30.00

- Saluran Air Cigebang Rusak Parah

DARANGDAN, RAKA - Saluran irigasi sungai Cigebang, Desa Linggamukti, Kecamatan Darangdan, rusak akibat tergerus longsor akhir pekan kemarin. Akibat kejadian tersebut, aliran sungai terputus sehingga pasokan air untuk puluhan hektare area sawah milik petani di Desa Linggamukti terhenti dan terancam kekeringan.
Agus (36), salah satu petani desa setempat mengatakan, rusaknya irigasi itu sudah satu pekan akibat tanggul tak kuat menahan debit air yang cukup tinggi. "Ditambah air hujan cukup deras, sehingga tak bisa menahan beban air," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (27/7).
Warga RT 08 RW03 itu mengaku, dengan putusnya saluran air itu, dikhawatirkan berdampak pada hasil produksi padi miliknya. "Karena sudah tidak ada air untuk sawah. Saya takut kekeringan karena saat ini hanya menunggu air hujan," kata dia.
Keluhan yang sama juga dikatakan, Nezi (50), salah satu pemilik sawah. Dengan longsornya tanggul drainase tersebut, sangat merugikan para petani. Pasalnya, sudah satu minggu terakhir petani kesulitan air. "Yah mudah-mudahan saja secepatnya di perbaiki agar para petani tidak gagal panen, terlebih sawah milik saya rusak akibat tertimpa tanggul irigasi," ujarnya.
Di tempat terpisah, Toto Iskandar, Kepala Desa Linggamukti mengatakan, Satu hari paska longsor itu terjadi, pihaknya langsung melakukan pengajuan perbaikan melalui dinas terkait. "Kemarin saya sudah ajukan agar segera di perbaiki, mudah-mudahan saja secepatnya terealisasi agar para petani tidak kesulitan apalagi irigasi itu sering digunakan untuk keperluan warga mencuci,"ujarnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template