Proyek Jalan Ciptasari - Mulangsari Berbau Korupsi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Proyek Jalan Ciptasari - Mulangsari Berbau Korupsi

Proyek Jalan Ciptasari - Mulangsari Berbau Korupsi

Written By Mang Raka on Rabu, 20 Juli 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Selama temuannya bersifat penyalahgunaan uang negara itu sudah masuk tindak korupsi, terlebih jika untuk memperkaya diri sendiri. Demikian pun warga yang mempunyai bukti kuat terhadap upaya kejahatan, bisa langsung melaporkannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau minimal kejaksaan setempat. Hal itupun berlaku terhadap proyek jalan.

Terkait itu, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lodaya, Nace Permana, mengaku menemukan adanya dugaan korupsi pada proyek pengecoran jalan penghubung Desa Ciptasari dan Desa Mulangsari, Kecamatan Pangkalan. Dugaan ini didasarkan pada rendahnya umur bangunan karena baru saja dibangun tapi jalan itu sudah rusak kembali.
"Jelas ini sudah terjadi pengurangan material. Artinya, proyek yang dikerjakan oleh rekanan Dinas Bina Marga dan Pengairan ini sudah terjadi penyelewengan anggaran," kata Nace, Selasa (19/7).
Nace membeberkan, jika dilihat dari konstruksi dan material dari pengecoran jalan tersebut memang tidak menggunakan besi sebagai tulangan. Sehingga, wajar saja jika tergerus air, jalan tersebut hancur tersapu air. "Hancurnya jalan tersebut merupakan bukti pengerjaan pengecoran itu asal-asalan," tegas Nace.
Atas temuan tersebut, LSM Lodaya bersama warga akan melaporkan dugaan korupsi pembangunan jalan tersebut ke pihak kejaksaan. Dia khawatir, banyak pembangunan-pembangunan jalan lainnya juga dikerjakan secara asal-asalan. "Kalau pemborong melakukan secara asal-asalan, jelas yang dirugikan adalah masyarakat. Karena pembangunan itu menggunakan uang rakyat," paparnya.
Nace menduga, pekerjaan proyek model seperti itu mungkin hanya terjadi di Kabupaten Karawang. Untuk itu, pihaknya akan mendesak kejaksaan untuk turun tangan dalam dugaan korupsi pengerjaan jalan tersebut. "Hari Kamis depan kami akan menggelar aksi ke kejaksaan agar menuntaskan perkara-perkara dugaan korupsi dalam setiap proyek di Karawang ini," timpalnya.
Tidak hanya kehancuran jalan yang dipersoalkan warga. Karena, tiang Jembatan Cigentis yang merupakan penghubung Desa Ciptasari dan Desa Mulangsari juga amblas. "Di satu lokasi saja ditemukan dua proyek pembangunan yang bermasalah. Bagi kami ini persoalan serius yang segera harus ditindaklanjuti secara hukum," tutupnya. (ops/yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template