PKBM Al Muhajirin Asah Kreatifitas warga Belajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » PKBM Al Muhajirin Asah Kreatifitas warga Belajar

PKBM Al Muhajirin Asah Kreatifitas warga Belajar

Written By Mang Raka on Jumat, 01 Juli 2016 | 14.30.00

LEMAHABANG, RAKA - Kreatifitas dan inovasi memang penting. Namun tetap perlu ditopang permodalan yang mumpuni. Kelompok Usaha Mandiri (KUM) PKBM Al Muhajirin Desa Lemahabang Kecamatan Lemahabang misalnya, mereka terus berjalan di tengah kerasnya persaingan. Modal dan kreatifitas, sukses menjadikan KUM ini bergeliat. Walaupun jarang mendapatkan perhatian pemerintah, mereka berhasil membuat kerajinan yang dipamerkan dalam lomba sinergitas Kecamatan Lemahabang Senin (27/6) kemarin.
Dikatakan Kepala PKBM Al Muhajirin Kecamatan Lemahabang Ujang Rohman S.pd menuturkan PKBM yang mengelola 20 kelompok yang mana setiap kelompoknya terdiri dari 10 orang. Mereka sebut Ujang, tergabung dalam Kelompok Usaha Mandiri (KUM) yang tujuan utamanya mencetak kreatifitas dan keahlian yang dibina selama 86 jam.
Meskipun kekurangan modal untuk melahirkan variasi karya kaum ibu dan bapak-bapak ini, namun sebagai bentuk pembelajaran, KUM diharapkan bisa menumbuhkan jiwa pengusaha. "KUM ini untuk mencetak ide dan kreatifitas yang dituangkan dalam produksi kerajinannya yang diharapkan memang bisa mandiri kedepannya," tandas dia.
Lebih jauh Guru PAI SMP Negeri 1 Lemahabang ini menambahkan selain makanan dan minuman olahan, hasil KUM ini juga memproduksi souvenir pernikahan dan pernak pernik lainnya, tergatung apa yang dikelola oleh masing-masing kelompok.
Harapannya tambah Ujang, pelaku KUM ini bisa difasilitasi pemerintah agar ada akses pemasaran yang lebih luas. Karena, diakui dia selama ini, baru memasarkan ke desa-desa, mitra kerja dan usaha warungan. Memang terusnya, dana dan laba yang diberikan tidak besar, tapi yang penting adalah proses pembelajaran. Karena sebenarnya sebelum berembuk, anggota KUM PKBM ini menggelar pembinaan terlebih dahulu sehingga warga belajar makin kreatif. "Modal dan laba sih gak besar, tapi yang penting proses pembelajarannya maksimal," kata dia menyudahi. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template