Petani Desa Babakan Manggah Merugi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani Desa Babakan Manggah Merugi

Petani Desa Babakan Manggah Merugi

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Juli 2016 | 17.30.00

- Banyak Bulir Padi tak Berisi

TEGALWARU,RAKA - Musim panen padi di Purwakarta telah tiba. Namun, ada beberapa petani di Kecamatan Tegalwaru justru malah bersedih. Penyebabnya, hasil panen kali ini tidak sesuai harapan. Banyak butiran padi yang menguning ternyata tidak berisi atau hampa. Diduga kurangnya pasokan air yang mengaliri sawah mereka menjadi penyebab hasil panen tahun ini turun.
Usman (43), petani Desa Babakan Manggah, Kecamatan Tegalwaru mengatakan, hasil panen padi miliknya jauh dari harapan. Meski dari jauh terlihat sudah menguning, namun tidak semua butiran padi berisi. "Banyak yang kosong, tidak ada isinya pas dipanen," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (19/7).
Usman menceritakan, persoalan butir padi hampa sebenarnya sudah sering terjadi. Namun dia mengaku, di musim sebelumnya tidak sebanyak tahun ini. Meski begitu, ia tetap bersyukur karena masih bisa panen. "Alhamdulilah yang penting padi masih bisa saya dipanen," kata dia.
Saat ditanya mengenai kerugian, Usman tidak bisa menjawab dengan pasti. Yang jelas, lanjutnya, hasil panen hanya bisa mengembalikan bibit padi yang ditanam.
"Yang pasti bisa untuk membeli bibit. Meski tidak ada hasil untuk upah perawatan selama masa tanam hingga panen," ujarnya.
Hal senada juga diungkapkan Dudung (50), petani lainnya. Menurutnya, sejauh ini kasus butir hampa padi yang terjadi di ratusan meter sawah miliknya belum bisa teratasi. Pasalnya, para petani tidak mengetahui secara pasti penyebab awal penyakit padi tersebut. Mereka hanya bisa pasrah atas kerugian yang dialami. "Kalau hama sih bisa kita semprot, atau tikus bisa kita kasih racun. Tetapi ini padi tidak ada isinya jadi kami bingung apa penyebab pasti padi kosong," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template