Petani dan TNI Berburu Tikus di Banyusari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Petani dan TNI Berburu Tikus di Banyusari

Petani dan TNI Berburu Tikus di Banyusari

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 Juli 2016 | 15.30.00

BANYUSARI, RAKA - Puluhan petani dan TNI Koramil 0407 Jatisari melakukan kegiatan pemburuan atau gropyokan hama tikus, di areal pesawahan blok Dinamit  dan Blok Kiserut Desa Gempol, Kecamatan Banyusari.
"Kalagumarang perlu secepatnya dilakukan oleh para petani usai melakukan penanaman," ujar Kepala BP3K Banyusari, Nana Kusmana, di sela-sela kegiatan, Jumat (29/7).
Dia menyampaikan, kegiatan pengendalian hama tikus, setidaknya bisa meminimalisir serangan terhadap padi. Karena tikus yang tertangkap juga cukup banyak. "Tikus biasanya hanya memotong benih padi yang baru ditanam. Satu ekor hama tanaman ini bukan hanya satu dua tangkai yang dirusak, tapi puluhan tangkai. Akibatnya jika ini terjadi, terpaksa para petani harus melakukan tanam ulang," ujarnya.
Menurutnya, pengawasan terhadap tanaman dari gangguan berbagai hama, sebaiknya dilakukan para petani secara intens dari sejak awal. Karena pengendalian hama tanaman bukan saja dari jenis tikus, tetapi juga dari hama lainnya. "Kendalikan hama sejak dini. Jika ditemukan, maka secepatnya memberikan informasikan ke para penyuluh," ujarnya.
Pihaknya selalu siap membantu para petani agar bisa menghasilkan padi yang maksimal. Sehingga target swasembada pangan akan bisa terealisasi. "Kami akan berusaha mencari solusi mengendalikan hama. Meski kami berharap tidak ada serangan hama," ujarnya.
Di tempat yang sama, Danramil 0407 Jatisari Kapten Infantri Kusnen, mengatakan, TNI mendapatkan tugas sebagai pendamping pertanian.
"Kami akan selalu siap untuk membantu para petani. Agar ada peningkatan hasil produksi padi sesuai intruksi dari pimpinan," ujarnya.(zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template