Perikanan Budidaya Harus Mandiri dan Berdaya Saing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perikanan Budidaya Harus Mandiri dan Berdaya Saing

Perikanan Budidaya Harus Mandiri dan Berdaya Saing

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Juli 2016 | 13.30.00

TEMPURAN, RAKA - Perikanan budidaya merupakan sub sektor yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik pembudidaya maupun masyarakat di sekitar lingkungan budidaya. Selain sebagai ketahanan pangan dan gizi, perikanan budidaya juga mendorong peningkatan kesejahteraan dan perekonomian daerah.
Elan, pemilik budidaya ikan lele di Telagasari menyatakan bahwa saat ini perikanan budidaya menuju ke arah yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan. Dalam menghasilkan produk perikanan budidaya yang berkualitas, kata elan, pelaku sektor ini harus bisa mandiri tidak tergantung dari pihak lain. "Pembudidaya harus mampu bersaing di dalam negeri maupun pasar ekspor dengan tetap memperhatikan lingkungan," kata Elan.
Untuk itu menurutnya, tiga kebijakan untuk mewujudkan budidaya perikanan yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan ini harus dipahami benar oleh para pembudidaya. Tiga kebijakan tersebut adalah penguatan sarana dan prasaran perikanan budidaya yang berbasis pada kemampuan domestik. Berikutnya adalah peningkatan penerapan bisnis dan teknologi budidaya yang super efisien, sehingga mampu bersaing di pasar. “Disamping itu juga penerapan teknologi budidaya yang ramah lingkungan,” tambah Elan.
Untuk itu, Elan menyambut baik keberpihakan pemerintah saat ini terhadap pembudidaya. Pemerintah, kata dia, sedang fokus memikirkan bagaimana caranya agar pembudidaya seperti dirinya memiliki pasar tersendiri sehingga mampu meningkatkan penjualan pembudidaya ikan di Indonesia.
Dengan memfokuskan perikanan budidaya maka masyarakat Indonesia mampu mengubah gaya hidupnya ke arah yang lebih sehat dan berkelanjutan. Pasalnya, dengan budidaya perikanan maka hasil laut di Indonesia akan lebih terjaga populasinya. ”Saya yakin pada suatu saat, lifestyle masyarakat Indonesia akan berubah ke arah yang lebih sehat dan berkelanjutan dengan adanya budidaya perikanan ini,” tegasnya. (fah)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template