Percepat Pembentukan Dinas Kebersihan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Percepat Pembentukan Dinas Kebersihan

Percepat Pembentukan Dinas Kebersihan

Written By Mang Raka on Kamis, 14 Juli 2016 | 14.30.00

KLARI, RAKA - Bukan menyarankan agar secepatnya dibentuk Dinas Kebersihan dan Pertamanan terpisah dari Dinas Cipta Karya yang dinilai overload kewenangan, sehingga tidak fokus terhadap tugas dan fungsinya (tufoksi). Akan tetapi, bukti mengatakan seperti itu. Lihat saja puluhan tanaman didalam pot besar yang berjajar rapi ditrotoar sepanjang Jalan Raya Klari, sama sekali tidak terawat. Padahal keberadaan tanaman tersebut merupakan bagian dari program pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Karawang.

Dijelaskan, perkembangan pembangunan pesat di Kecamatan Klari memang harus dibarengi dengan penciptaan ruang terbuka hijau sebagai upaya meminimalkan pencemaran udara di daerah tersebut. Hal itu dilakukan dengan pemberian pot pohon di sepanjang Jalan Raya Klari menuju Purwasari. Sayangnya, sejak pot-pot itu beserta tanamannya didistribusikan sampai sekarang ternyata minim perawatan. "Selama ini pun pot-pot yang disimpan disepanjang jalan raya Klari hingga Purwasari masih minim perawatan, tidak sedikit pot-pot pohon disepanjang jalan tersebut rusak dan pohonnya mati," ucap pemerhati masalah lingkungan Ricky Sofyan, Rabu (13/7).
Kendati tidak menegaskan itu menjadi kewenangan dinas apa melakukan perawatan namun kerusakan pot dan pohon disepanjang jalan protokol di Karawang itu bukti ketidakmampuan Dinas Cipta Karya melaksanakan tugasnya. Padahal keberadaan pohon-pohon itu merupakan bagian dari implementasi program lingkungan yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Karawang, guna mengantisipasi ancaman tingginya pencemaran udara akibat produksi pabrik di wilayah tersebut. "Percuma ada pot dan pohonnya kalau tidak dirawat. Jangankan pohon manusia saja kalau tidak diberi makan akan mati, apalagi pohon. Karena itu kami ingin RTH mesti dikelola dengan baik," ucapnya.
Lebih lanjut Ricky menuturkan, pemasangan pot pohon di sepanjang jalan Raya Klari menuju Purwasari, harus dilakukan pengelolaan dengan baik dari dinas terkait. Seharusnya pemkab Karawang yang melibatkan perusahaan, harus dibuatkan satu taman untuk mengurangi polusi kendaraan. Sementara itu, pemberian perusahaan akan tidak berguna dengan pengelolaan yang buruk, sehingga menimbulkan banyak pohon dari pot yang mati. "Kami ingin RTH dapat terwujud dengan baik, dengan bantuan dari perusahaan, dan pemerintah terkait dapat benar-benar memaksimalkan perawatannya," jelasnya.
Selama ini, dia melanjutkan, pemkab Karawang yang sedang mengincar piala Adipura, harus menyelesaikan beberapa aspek bidang yang menjadi landasan mendapatkannya gelar Adipura. Yakni, kebersihan lingkungan yang sampai saat ini masih sulit dilakukan. Permasalahan sampah yang banyak berserakan di pinggir jalan diperparah, dengan banyak alat peraga kampanye (APK) bertempelan dibatang-batang pohon, sehingga mengurangi keindahan lingkungan sekitar jalan tersebut. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template