Pemkab Diminta Bangun Penampungan Orang Gila - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Diminta Bangun Penampungan Orang Gila

Pemkab Diminta Bangun Penampungan Orang Gila

Written By Mang Raka on Jumat, 01 Juli 2016 | 13.30.00

KARAWANG, RAKA - Sudah sepantasnya pemerintah daerah memperhatikan nasib warganya, tanpa terkecuali yang menderita gangguan jiwa. Terlebih penderita penyakit jiwa ini terus bertambah. Mereka bukan saja berkeliaran dipinggir-pinggir jalan, tetapi juga seringkali memasuki gedung-gedung pemerintah.

Sejumlah pemerhati sosial, ditanyakan soal itu rata-rata menjawab senada. Mereka mengingatkan pemerintah daerah sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat yang menjalankan kebijakan, meminta agar mengurus warganya yang menderita penyakit jiwa alias gila. Undang-undang memang memangharuskan seperti itu. "Soal kewajiban pemerintah untuk mengurus warganya yang menderita gangguan jiwa, memang sudah jelas tertuang dalam undang-undang," tegas Eva Lady Mustika, pemerhati masalah sosial, melalui surat elektroniknya beberapa waktu lalu.
Eva dengan tegas menginagatkan bahwa petikan dalam undang-undang bahwa setiap warga negera berhak mendapatkan perlindungan dari pemerintah. Warga yang sakit atau tidak mendapat perlakukan sama. "Orang gila juga manusia. Kalau bukan pemerintah yang menertibkan siapa lagi," ucapnya.
Sementara disinggung perlunya kabupaten ini memiliki rumah sakit jiwa (RSJ), sejumlah pendapat optimis untuk saat ini rumah sakit itu belum diperlukan di Karawang. Jika mencermati kebutuhannya, jumlah penderita penyakit jiwa belum dikatakan pada tingkat yang mengkhawatirkan. Artinya, dengan jumlah yang tidak terlalu banyak kabupaten ini masih menitipkan ke panti-panti penangan penderita penyakit jiwa.
Seperti diungkapkan Freddie Sijabat, warga Karawang Kota, dia malah berpendapat yang dibutuhkan Karawang adalah tempat penampungan orang stres. "Rumah Sakit Jiwa belum perlu di Karawang. Tetapi yang dibutuhkan sekarang adalah tempat penampungan bagi orang stres. Apalagi, selama ini rata-rata orang gila yang berkeliaran di Karawang bukan penduduk asli Karawang," terangnya.
Hal sama diungkap Hadi P, komentator Kapling Rakyat yang rajin mengomentari masalah-masalah sosial. Dia sependapat agar pemerintah kabupaten membangun penampungan terlebih dahulu. "Lebih baik membangun tempat penampungan orang gila di bawah naungan dinas sosial. Dan itu dilakukan dengan melibatkan masyarakat sebagai pengelola mandiri. Itu lebih baik ketimbang harus membangun rumah sakit jiwa," ucapnya. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template