Pemerintah Imbau Orangtua Antar Anak ke Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemerintah Imbau Orangtua Antar Anak ke Sekolah

Pemerintah Imbau Orangtua Antar Anak ke Sekolah

Written By Mang Raka on Kamis, 14 Juli 2016 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA - Kepala UPTD PAUD/SD Kotabaru H Anang Sutarman menyambut baik surat edaran dan Kementerian Pendidikan, tentang anjuran agar orangtua siswa mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah.
Pasalnya, selain untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan, hal itu juga bisa menjadi ajang komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua. Sehingga saat terjadi perselisihan di sekolah bisa diselesaikan dengan baik.
"Kita sudah SMS ke kepala sekolah-kepala sekolah, agar orangtua siswa mengantar anak-anaknya di hari pertama sekolah," ujar H Anang kepada Radar Karawang, Rabu (13/7).
Dia menyampaikan, dengan saling mengenalnya antara guru, orangtua dan murid, maka kedepan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah bisa berjalan dengan baik. Bahkan saat adanya kesalahpahaman antara proses pengajaran, orangtua bisa mudah melakukan konfirmasi ke pihak sekolah, karena sudah saling kenal dan akrab. "Karena permasalahan itu disebabkan dengan adanya komuniksi yang tidak baik, atau tidak nyambung," tambahnya.
Lain dari itu, peserta didik juga akan lebih semangat menjalankan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, karena ada dorongan moril dari orangtua. Bahkan bisa membuat para peserta didik percaya diri saat di sekolah, karena ada dukungan penuh saat hari pertama sekolah. Atau, jika hari pertama sekolah orangtua tidak datang ke sekolah, biasanya mereka segan untuk kembali berkunjung ke sekolah saat ada undangan rapat, atau undangan yang berkaitan dengan kepentingan sekolah. "Tanggal 18 Juli merupakan hari pertama masuk sekolah. Kami harap menjadi momen penting untuk meningkatkan SDM anak bangsa," ujarnya.
Bahkan, tambah Anang, sesuai instruksi dari pimpinan, setiap sekolah harus bisa membentuk lingkungan yang aman dan tentram. Sehingga bisa mencerminkan bahwa lembaga pendidikan di Indonesia, khususnya di Kotabaru membentuk pendidikan yang berkarakter. "Harus membuat sekolah aman, bahkan setiap sekolah mulai tahun ajaran baru ini harus dipasang plang sekolah yang jelas. Termasuk dicantumkan nama dan nomor telepon kepala sekolah," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, dari 32 SD negeri dan 3 SD swasta di Kotabaru, saat ini cukup untuk menampung peserta didik baru, terutama kelas 1. Sedangkan jumlah guru yang siap membimbing para peserta didik sebanyak 460 guru. "Kalau jumlah siswa yang sekarang sudah menjalankan KBM di 32 SD di Kotabaru sebanyak 12.432 siswa. Itu masih belum termasuk siswa baru yang masuk kelas 1 pada tahun pelajaran sekarang," paparnya.
Sementara Camat Kotabaru Agus Sugiono, sangat mendukung surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan. Bahkan sesuai surat edaran, instansi pemerintahan termasuk perusahaan swasta diharapkan memberikan dispensasi kepada para pegawainya, agar bisa mengantar anak-anaknya hari pertama sekolah. "Intinya saya mendukung (surat edaran kementerian pendidikan), asalkan ada dispensasi waktu kerja itu tidak dipakai hal-hal yang tidak bermanfaat. Jadi setelah selesai, silahkan langsung kembali menjalankan aktivitasnya masing-masing," ujarnya.(zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template