Pasar Tradisional Loji Jorok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Tradisional Loji Jorok

Pasar Tradisional Loji Jorok

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Juli 2016 | 16.30.00

*Camat Ingatkan Pengelola Pasar Jaga Kebersihan

TEGALWARU, RAKA - Masalah sampah memang harus dicarikan solusinya dari sekarang. Termasuk sampah-sampah yang diproduksi Pasar Tradisional Loji di Kecamatan Tegalwaru. Bila perlu pemerintah kecamatan membentuk tim kebersihan untuk menanggulangi sampah di lingkungan pasar yang bukan milik pemerintah itu.

Terkait masalah sampah itu, Camat Tegalwaru Drs. H. Sujana, Rabu (20/7), mencanangkan kerja bakti rutin sebagai solusi menangani sampah di wilayah tersebut. Untuk itu pula orang nomor satu di kecamatan tersebut mengerahkan aparatur Pemerintah Desa Cintalaksana dan muspika setempat  untuk mengangkut sampah yang mengendap di saluran air di depan pasar tersebut. Kegiatan itu juga melibatkan Unit Pelayanan Teknis Kesehatan Kecamatan Tegalwaru.
"Kerja bakti membersihkan lingkungan yang sekarang berjalan akan diagendakan serius dalam tiap bulannya. Selain, kegiatan ini juga untuk memberikan ciri bahwa Karawang Selatan yang menjadi lintasan pariwisata bisa bersih dan memberikan kenyaman bagi masyakat juga pengunjung wisata," ujar Camat Sujana disela-sela kegiatan. Kegiatan kemarin itu difokuskan di lingkungan sekitar Pasar Loji karena dinilai paling jorok saluran airnya.
Masih dikatakan camat, kegiatan itu untuk mengantisipasi perubahan cuaca dalam menekan berkembangnya bibit penyakit demam berdarah. "Kebersihan juga memang sebagian daripada iman juga mengantisipasi dampak perubahan iklim cuaca yang biasanya disertai berkembangnya bibit penyakit demam berdarah. Selain itu saya mengktitisi para pemilik kios yang kurang peduli kepada kebersihan drainase pembuangan air. Memang tidak semua akan tetapi saya berharap ke depannya akan dibuat himbauan agar bisa secara bergotong royong melakukan kebersihan lingkungan secara bersama-sama," katanya.
Hal senada dipaparkan Kepala Desa Cintalaksana, Ade witarsa.Spd. Dirinya menyambut baik program kebersihan lingkungan yang dilakukan secara bergotong royong hingga di harapkan bisa menjadi kegiatan berkelanjutan. "Mudah-mudahan kedepannya kita pun bisa bersama mencari solusi agar ada tempat pembuangan sampah bagi warga Kecamatan Tegalwaru. Sehingga pemilik kios-kios juga toko akan merasakan kenyamanan juga aparatur desa bisa melaksanakan kebersihannya dengan membuang sampah pasar ke tempat pembuangan sampah yang layak pula," imbuhnya.
Sementara di tempat terpisah, Kepala UPT Puskesmas Loji, H. Ujang Suryana menegaskan, kegiatan kebersihan itu merupakan terobosan besar dalam mengantisipasi berkembangnya wabah penyakit yang berasal dari sampah. Ia juga berharap kedepannya warga yang dekat dengan pasar dan drainase pusat konsentrasi Kecamatan Tegalwaru yaitu Loji, warganya bisa terbebas dari penyakit demam berdarah.
"Agendanya bukan saja di satu titik Pasar Loji saja. Harapan saya bisa diikuti oleh semua desa yang ada di lingkungan Kecamatan Tegalwaru hingga semua desa bisa terbebas dari berbagai penyakit yang ditularkan melalui media sampah. Polemik sampah pun bisa ada solusi yang aktual hingga warga Karawang Selatan bisa lebih sehat lagi sesuai dengan ikon wilayah pegunungan yang aman dan bersih," tuturnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template