MPLS di SMK Tri Mitra Lebih Edukatif - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » MPLS di SMK Tri Mitra Lebih Edukatif

MPLS di SMK Tri Mitra Lebih Edukatif

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Juli 2016 | 13.00.00

KOTABARU, RAKA - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tri Mitra Kotabaru lebih menitikberatkan pengetahuan kepada para peserta didik baru. Oleh karenanya materi yang disampaikan juga berkaitan dengan kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak usia remaja. "Seperti biasa, MPLS menjadi ajang pengenalan sekolah. Secara detail yah. Terus materi yang berkaitan dengan langkah yang sangat rentan dilakukan oleh para peserta didik dimasa-masa usia SMK," ujar Wakasek Kesiswaan, Taryadi, kepada RAKA, Rabu (20/7).
Adapun materi yang berkaitan dengan pengenalan lingkungan sekolah adalah struktur organisasi sekolah, pengenalan jurusan dan pengenalan budaya sekolah. Kemudian materi yang berkaitan dengan tata tertib sekolah (wiyatamandala) dan  kegiatan ekstrakurikuler. "Kami juga menyajikan materi pengenalan tentang dunia industri, pengenalan sistem pembelajaran di SMK, pemahaman tentang bahaya narkoba, pemahaman tentang kesadaran hukum berlalu lintas dan game," ujarnya.
Semua materi tersebut bertujuan agar peserta didik baru benar-benar memahami dan menyadari, bahwa mereka memiliki tanggung jawab yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa. Oleh karenanya mulai dari pengenalan dunia industri nantinya akan menjadi acuan para peserta didik dalam menjalankan kehidupan dunia kerja.
Kemudian keorganisasian, dimana para peserta didik harus memahami iklim atau tipologi masyarakat saat terjun ditengah-tengah masyarakat. Dan yang paling penting adalah mereka jangan terjerumus kedalam pergaulan bebas yang akan merugikan mereka dan merugikan banyak orang. "Jadi materi bahaya narkoba dan tertib berlalu lintas sudah diperkenalkan. Untuk peserta yang mengikuti MPLS sendiri sebanyak 423 siswa," ujarnya.
Adapun para pemateri dalam MPLS adalah mereka yang sudah membidangi dalam materi tersebut. Seperti bahaya narkoba disampaikan oleh utusan dari BNNK dan lain sebagainya. Karenanya saat materi disampaikan mereka bisa optimal untuk mengupas tuntas. "Kami harap ini menjadi bekal mereka agar bisa menjadi siswa yang siap menghadapi tantangan zaman," ujarnya.
Kepala SMK Tri Mitra, Iwan Sumitra, menambahkan, setelah MPLS selesai, maka peserta didik baru akan mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah yang dipimpinnya. Dia berharap semua peserta didik bisa memanfaatkaebaik mungkin saat menjalankan aktivitas KBM di sekolah, sehingga setelah lulus sekolah mereka benar-benar siap untuk terjun ditengah-tengah masyarakat. "Kepada anak-anakku, silahkan belajar dengan baik. Agar kali siap menjalankan kehidupan fase berikutnya. Yaitu setelah lulus sekolah," ujarnya singkat. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template