Minimalisir Kekerasan, Tingkatkan Perlindungan pada Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Minimalisir Kekerasan, Tingkatkan Perlindungan pada Anak

Minimalisir Kekerasan, Tingkatkan Perlindungan pada Anak

Written By Mang Raka on Kamis, 28 Juli 2016 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Hari Anak Nasional (HAN) harus dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan yang optimal terhadap anak, termasuk menciptakan lingkungan disekitar menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak.  Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Nunung Nurjanah, kepada Radar Karawang, Rabu (27/7).
Menurutnya, saat ini beragam kasus kejahatan terhadap anak semakin marak dan kompleks. Fatalnya, pelaku bukan hanya orang dewasa, namun usia anak juga rentan menjadi pelaku kejahatan. Kondisi ini tentu tak bisa dinafikan.  "Sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, maka membangun kesadaran kolektif dari seluruh pihak harus terus digalakkan," kata Teh Nunung.
Semua element masyarakat dan pemerintah, kata dia, harus turut serta mensukseskan penyelenggaraan perlindungan anak dan mewujudkan Purwakarta sebagai kabupaten Ramah Anak. "Dengan memperhatikan beberapa hal. Pertama, seluruh norma dan kebijakan pemerintah daerah, harus senafas dengan semangat perlindungan anak,''ujarnya.
Wanita yang sekaligus Ketua Pengurus Wilayah IPPNU Jawa Barat ini mengatakan, sistem pengawasan terhadap anak harus ditingkatkan. Semua pihak harus menjadi pelopor perlindungan anak. Mulai dari lingkungan dan komunitas. Terlebih peranan keluarga begitu besar terhadap perkembangan anak. "Disamping itu, perlindungan anak harus menjadi mainstream pembangunan di segala bidang. Selanjutnya pastikan layanan dasar anak terpenuhi dengan baik. Kasus vaksin palsu, menunjukkan kelemahan itu, dan tentu perlu segera mendapat atensi khusus untuk perbaikan," ujarnya.
Lebih lanjut, sistem perlindungan negara terhadap anak, kata dia, harus dipastikan. "Tak boleh ada anak terpapar pornografi, karena anak sangat bebas mengakses. Tentu tak dibenarkan. Negara harus mengambil langkah proteksi segera," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template