Melihat Potensi Usaha Warga Cibogogirang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Melihat Potensi Usaha Warga Cibogogirang

Melihat Potensi Usaha Warga Cibogogirang

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 Juli 2016 | 16.30.00

Ternak Ikan Nila Merah Menggiurkan

PLERED,RAKA -  Banyak potensi usaha yang bisa digeluti setiap warga Purwakarta, salah satunya adalah ternak ikan nila. Karakteristik daerah yang memiliki banyak daerah pegunungan dan banyaknya sumber air, tak bakal kesulitan bagi masyarakat untuk beternak ikan. Apalagi, jenis ikan nila merah memili pangsa pasar yang bagus.
Para petani ikan di Kecamatan Plered, mengaku lebih memilih membudidayakan ikan nila merah ketibang jenis nila hitam biasa. Pasalnya, selain pemeliharaan cukup mudah, harga jual ikan tersebut tinggi dipasaran. "Meski harga tinggi namun banyak bandar ikan yang mencari ikan ini,''Ujar Ajang (60) salah satu petani ikan dikecamatan Plered, kepada Radar Karawang, Jumat (15/7).
Nila merah merupakan salah satu jenis ikan yang mirip dengan ikan kakap merah. Yang membedakan dari jenis ikan tersebut selain kandungan protein cukup tinggi. Tektstur daging yang padat tebal berwarna merah jingga, serta duri-durinya yang sedikit merupakan kelebihan yang dimiliki jenis ikan nila merah itu. Tak heran jika harga ikan itu cukup mahal dipasaran. "Harga jualnya perliter Rp 35 ribu bahkan bisa nyampai Rp 40 ribu, beda dengan ikan nila hitam atau nila biasa paling Rp 20 ribu perliter,''ujarnya.
Dalam membudidayakan nila merah, lanjut Ajang, tidak memerlukan perawatan khusus. Sementara untuk keuntungan dari ikan tersebut, bisa mencapai jutaan rupiah.
"Perawatan sama seperti ikan nila hitam tidak ada yang aneh. Saya biasa panen ikan 100 hari sekali untuk hasilnya sih kalau lagi bagus lumayan tinggi," kata dia.
Di tempat terpisah, Kepala Desa Cibogogirang Kecamatan Plered, melalui Sekretaris Desa Ujang Efendy mengatakan, dari 6000 jiwa penduduk desa di wilayahnya, hampir 70 persen bermata pencaharian sebagai petani ikan. "Dan tidak sedikit petani yang membudidayakan ikan baik nila hitam maupun nila merah," kata dia. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template