Kredit Macet, BRI Dirugikan Rp 7 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kredit Macet, BRI Dirugikan Rp 7 Miliar

Kredit Macet, BRI Dirugikan Rp 7 Miliar

Written By Mang Raka on Rabu, 20 Juli 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Sidang perkara kredit macet Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cikampek dengan terdakwa Susi, karyawan PT Cong Lim kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Karawang, Selasa (19/7).
Sidang lanjutan tersebut menghadirkan saksi dari pihak BRI diantaranya Aswin, Destari dan Mulyandari. Sedangkan saksi dari PT Cong Lim yaitu karyawan Santi Irma, Fitria, Solita Hutagalung, Rusminati, Juhariah. Dari fakta persidangan, kredit macet yang dialami BRI hingga mengalami kerugian sebesar Rp 7 miliar. Hal tersebut dikarenakan para peminjam tidak menyetorkan kewajibannya selama beberapa waktu.
Yang menjadi permasalahan, pada awal kesepakatan antara BRI dengan PT Cong Lim, yang diperbolehkan untuk mengajukan kredit hanya karyawan tetap. Padahal dari awal pihak perusahaan telah menyatakan tidak memiliki karyawan tetap. Sehingga terjadi pelanggaran, karena tidak hanya karyawan perusahaan yang mengajukan, tetapi termasuk orang luar perusahaan. Dari pengakuan saksi Santi, dirinya membawa 12 nasabah dari luar perusahaan. Kelima saksi tersebut membawa nasabah dari luar perusahaan dengan jumlah yang bervariasi. Dan semua aplikasi yang diajukan diproses dan dicairkan. Sedangkan untuk persyaratan untuk mengajukan kredit, pemohon melampirkan diantaranya Jamsostek dan jaminan seperti BPKB motor.
Aswin saksi dari BRI mengatakan, untuk pengajuan kredit yang digunakan hanya Surat Keputusan (SK) pengangkatan. "Yang menjadi dasar surat keterangan dari perusahaan. Dan diperbolehkan," katanya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template