Kades Posyandu Harus Sadar Diri Terhadap Kesehatan Lingkungan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Posyandu Harus Sadar Diri Terhadap Kesehatan Lingkungan

Kades Posyandu Harus Sadar Diri Terhadap Kesehatan Lingkungan

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 Juli 2016 | 14.00.00

TELAGASARI, RAKA - Meningkatkan pemahaman lingkungan bersih dan sehat, tokoh masyarakat dan kader posyandu dilatih persiapan Survey Mawas Diri (SMD). Survey yang bertujuan agar masyarakat berperan aktif membangun kesadaran lingkungan bersih dan kesehatan itu, dikemas dalam rangkaian tindakan cepat penanganan penyakit dan mengantisipasi gejala dan penyebabnya.
Petugas Promosi Kesehatan (Promkes) UPTD Puskesmas Telagasari, Ujan Mumuh mengatakan, SMD di Telagasari ini merupakan edisi perdana. Melalui kegiatan ini, puskesmas akan menganalisa kualitas kesehatan masyarakat di lingkungan sendiri. Sebab, sasaran SMD ini adalah semua rumah di 14 desa di Kecamatan Telagasari. Namun mereka menggunakan sampel 20 KK rumah di lokasi tertentu.
Kebetulan pada hari pertama ini, sosialisasi ini digelar untuk Desa Talagasari dan Kalibuaya. Sisanya bisa menyusul. Meskipun dibawah kendali UPTD Puskesmas, tapi stakeholder dari kader, masyarakat maupun beragam profesi lainnya ikut bertanggungjawab menjaga lingkungan dan kesehatan warga. "Peran kader dan tokoh itu penting untuk mensukseskan Survey Mawas Diri (SMD), agar kesadaran masyarakat akan lingkungan, kesehatan dan cara menjaganya diserap untuk menekan volume penyakit," tandas dia.
Ujang menambahkan, indikator sasaran dalam SMD yang akan disisir tersebut diantaranya adalah program gizi, kesehatan ibu dan anak, pengendalian penyakit menular dan tidak menular serta perilaku kesehatan lingkungan. Gerakan ini akan digelar selama 5 bulan, demi menggugah gerakan di desanya. Mengingat dewasa ini semakin banyak penyakit-penyakit yang melanda masyarakat Karawang seperti DBD, TBC, Kusta dan Hipertensi. Atas dasar itu sebut Ujang, tokoh khususnya kader di lapangan harus mampu memahami situasi saat terjadi pancaroba. Apa saja yang akan terjadi saat Pancaroba dan menyosialisasikan penanggulangannya secara masif.
Adapun cara SMD ini dilakukan, antara lain dengan cara pengamatan seperti observasi, sejauh mana tambah Ujang, hasil temuan di lapangan kaitan penyebab maraknya penyakit. Seperti maraknya penemuan masalah genangan air, sampah dan lingkungan tidak sehat. Mengingat kader harus memiliki data khusus, agar SMD ini sukses, baik konsolidasi melalui pendekatan masyarakat, Pelaksana PMD dan Masyarakat Desa itu sendiri. "Setidaknya, masyarakat faham analisa SDM, dan menjadi dasar menyusun masalah di lapangan," jelas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template