Hari Pertama Sekolah Orangtua Wajib Antar Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hari Pertama Sekolah Orangtua Wajib Antar Anak

Hari Pertama Sekolah Orangtua Wajib Antar Anak

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 Juli 2016 | 13.30.00

-Khusus Siswa Baru

CILAMAYA WETAN, RAKA - Serentak, libur sekolah paska lebaran segera usai pada Minggu (17/7) lusa. Pada Senin (18/7), semua calon siswa SD, SMP sampai SMA  kembali bersekolah. Namun, ada kewajiban tertentu bagi para orangtua/wali murid di hari itu yaitu mengantar dan mendampingi anaknya pada hari pertama sekolah. Sebagaimana surat edaran Menteri Pendidikan Nomor 4 tahun 2016 dan Surat Mendikbud Nomor 28091/MPK.A/KP /2016 tanggal 12 Juli. Bahkan, Surat Kementrian Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Nomor B/2641/M.PANRB/7/2016 tertanggal 14 juli juga memberikan persetujuan izin kepada para PNS untuk mengantar dan mendampingi anaknya di hari pertama sekolah.
Di sela-sela rapat bersama 450 oranngtua/wali murid di sekolahnya, Kepala SMPN 1 Cilamaya Wetan, Ahmad Fadloli S.pd mengatakan jelang dimulainya Pengenalan Lingkungan Sekolah sebagai pengganti istilah MOS pada 18 Juli nanti, pihaknya menyampaikan kepada semua orangtua/wali calon murid tentang Kondisi sekolah, program, ektrakulikuler dan sarana prasarana pembangunan di SMPN 1 Cilamaya Wetan ini.
Karena, peran orangtua berpengaruh 75 persen terhadap tumbuh kembang pergaulan anak karena yang sering berada di luar sekolah. Karenanya, selain memberikan arahan kaitan tata tertib dan aturan sekolah, para orangtua diyakinkannya agar turut serta membantu dan mendukung program-program sekolah. Karena kepedulian orangtua merupakan bagian kontrol terhadap perjalanan anak dan sekolah jika sesekali ada hal-hal yang tidak sesuai dengan alur berpikir para orangtua.
Karena, Sekolah dan orangtua sebut Fadloli merupakan mitra, yang segala sesuatunya harus berkomunikasi denga baik, agar tidak segan menyampaikan saran dan masukan sehingga sekolah bisa senafas dalam menjalankan aturan dan kebijakannya. "Kita kenalkan sekolah kepada orangtua, kaitan profil, keunggulan, program, sarana pembangunan dan lainnya sebelum calon siswa masuk sekolah dihari pertama," tandas dia.
Fadloli menambahkan,  di hari pertama sekolah, orangtua/wali calon siswa dianjurkan mengantar anaknya ke sekolah. Surat Edaran dari Kementrian Pendidikan, bahkan sekalipun status orangtuanya PNS, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara juga mengirim edaran serupa yang memberi izin kepada PNS agar mendampingi anaknya sekolah di hari pertama. Itu diberlakukan tambahnya, bagi siswa baru saja, karena di hari pertama 450 siswa baru di SMPN 1 Cilamaya ini akan mengikuti pengenalan lingkungan sekolah yang dulunya disebut MOS selama 3 hari kedepan. Meskipun efektifitas belajar akan di mulai Senin pekan depannya lagi. Peran orangtua dalam mensukseskan pendidikan anak sangat berkontribusi besar, utamanya dalam membentuk mental dan karakter anak. "Wajib antar anak di hari pertama sekolah, selain wujud mendukung pendidikan anak, juga ditegaskan melalui edaran 2 menteri agar bisa dilaksanakan," tandas dia.
Lebih jauh ia jamin, selama rapat orangtua di awal tahun ajaran ini, materi dan hal yang sudah disampaikan berkenaan dengan sekolah bisa direspon positif  dan diserap pemahamannya dengan baik. Para orangtua harus mendorong keleluasaan anak dalam menyalurkan bakat dan minatnya selama mengenyam pendidikan. Kebetulan terus Fadloli, di SMP juga tersedia segudang prestasi yang di torehkan ekstrakulikuler. Karenanya, ia berharap penuh, agar sekolah dengan orangtua bisa sama-sama mensukseskan prestasi anak, baik akademik maupun non akademik. "Pada dasarnya, kita minta dukungan penuh para orangtua yang sudah mempercayakan anaknya masuk di SMP kami," kata dia.
Ketua Komite SMPN 1 Cilamaya Wetan, Ir Aja Sutarja mengatakan sebagai wakil dari orangtua, pihaknya berharap sekolah dengan gigih mencetak anak-anak semakin maju dan memiliki kompetensi yang baik. Namun tentu saja, kesuksesan pendidikan itu bukan tanggungjawab sekolah saja, tetapi juga partisipasi aktif para orangtua. Sebagai komite dirinya paham betul keinginan dan harapan terhadap sekolah, untuk itu ia siap mendukung program sekolah dan berperan aktif dalam mewujudkan kesuksesan sekolah. "Dukungan adalah cara orangtua mensukseskan setiap kebijakan dan program sekolah ," tandas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template