Harga Cengkeh Murah, Pemasaran Sulit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Harga Cengkeh Murah, Pemasaran Sulit

Harga Cengkeh Murah, Pemasaran Sulit

Written By Mang Raka on Kamis, 21 Juli 2016 | 13.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Sejak musim panen satu bulan lalu, harga cengkeh masih belum membaik di pasaran. Pasalnya, harga cengkeh kering di tingkat petani masih di bawah Rp100 ribu per kilogramnya.
Saat ini harga cengkeh kering di tingkat petani hanya Rp 92 ribu hingga Rp 93 ribu perkilogram. Petani cengkeh di Kampung Sakambang, Desa Sakambang, Kecamatan Wanayasa misalnya. Mereka mengaku, pasrah dengan kondisi tersebut. Padahal sebelumnya harga cengkeh kering bisa tembus Rp 100 ribu perkilogram bahkan bisa mencapai Rp120 ribu per kilogramnya. “Sekarang mah paling 93 ribu rupiah per kilogram untuk cengkeh kering, jangankan sampai Rp 120 ribu sampai seratus ribu rupiah saja sulit,” tutur Ahmad (45) petani cengkeh.
Untuk cengkeh siap jual, biasanya para petani akan terlebih dahalu memilih kualitas cengkeh. Pemilihan tersebut bertujuan agar saat ditimbang beratnya bisa merata.
Selain itu, biasanya petani memilih putik cengkeh yang berukuran besar dan berwarna kemerahan atau sudah matang. Selanjutnya, cengkeh yang sudah dipisahkan dari kelopaknya dan sudah dipilih dijemur di atas karung atau terpal. Penjemuran sendiri bisa memakan waktu hingga berhari-hari, bila cuaca sedang panas penjemuran membutuhkan lima hari. Tetapi jika  mendung butuh waktu dua minggu hingga warna cengkeh menjadi coklat. "Kalau cerah lima hari tapi kalau mendung bisa berminggu-minggu cengkeh harus dijemur agar kering," tuturnya.
Disamping harga murah, para petani cengkeh mengaku, mengalami kesulitan untuk menjual cengkeh. Pasalnya, selama ini hanya ada satu pembeli saja yang menerima cengkeh mereka itupun dengan harga murah. "Karenanya kami para petani cengkeh berharap pemerintah Purwakarta dapat membantu agar harga cengkeh dari petani kembali naik," pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template