Dishub Didesak Tertibkan Terminal Bayangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dishub Didesak Tertibkan Terminal Bayangan

Dishub Didesak Tertibkan Terminal Bayangan

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Juli 2016 | 15.30.00

KLARI, RAKA – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) didesak agar melakukan penertiban terhadap terminal bayangan yang berada tak jauh dari terminal dalam kota Klari. Selain itu, dinas ini juga diminta tegas untuk memfungsikan terminal resmi sebagai tempat mangkal angkot yang selama ini mangkal di terminal bayangan.

Berdasarkan penelusuran RAKA, Selasa (12/7), setidaknya ada tiga titik terminal bayangan disepanjang Jalan Raya Klari dan Jalan Raya Kosambi, termasuk yang dekat terminal. Ketiganya berada dipinggir jalan. Sementara puluhan angkot berjejer menunggu penumpang dan sebagian malah menurunkan dan menaikkan penumpang. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya penyempitan badan jalan hingga berdampak tersendatnya arus lalulintas.
Keadaan semakin diperparah dengan adanya ojek-ojek motor yang juga mangkal disekitar terminal bayangan. Ini juga yang memicu penumpang enggan turun di dalam terminal dan memilih turun diterminal bayangan, karena bisa langsung menumpang ojek motor. Situasi akan bertambah parah ketika yang menurunkan penumpang adalah bus-bus besar seperti bus karyawan. Secara otomatis arus lalulintas dibelakang akan tertahan sehingga mengakibatkan kemacetan.
"Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang harus bertindak tegas untuk menertibkan terminal-terminal liar ini. Masalahnya, bukan cuma menyebabkan kemacetan tetapi juga rawan kecelakaan karena tidak sedikit angkutan jenis bus yang menurunkan penumpang ditengah jalan," ucap Warsih, penumpang angkot yang naik angkot di terminal bayangan.
Dia sendiri mengaku naik angkot di terminal bayangan karena di dalam terminal sangat jarang angkot yang mangkal menunggu penumpang. Kalaupun ada mangkalnya sangat lama karena harus menunggu sampai penumpang penuh.  “Kalau naiknya di dalam terminal suka lama menunggu jalannya, tapi kalau di luar terminal biasanya langsung jalan," ujarnya.
Selain itu, sambung dia, keamanan ketika naik angkutan umum diluar lingkungan terminal, dinilai lebih aman dan hemat waktu. Maka itu, naik angkutan umum di pinggir jalan lebih baik dibandingkan mesti didalam terminal. “Memang setiap hari juga seperti ini, kita nunggu di pinggir jalan, kalau didalam terminal lama dan rawan kejahatan juga,” paparnya.
Tidak hanya itu, dia menambahkan, ketika RAKA menyinggung perihal penyebab kemacetan diperlintasan Jalan Raya Purwasari disebabkan tidak sedikit angkutan umum, terutama bus yang menaiki dan menurunkan penumpang di luar lingkungan terminal. Dia tidak memungkiri kalau banyak angkutan yang setiap harinya suka menaikan penumpang di pinggir jalan. “Kalau masalah boleh tidak bolehnya naik dipinggir jalan, dan diharuskan di terminal, saya tidak tahu, karena setiap hari juga saya naik suka disini, ya tidak jauh dari terminal klari,” tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template