Daftar Tunggu Haji 12 Tahun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Daftar Tunggu Haji 12 Tahun

Daftar Tunggu Haji 12 Tahun

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 Juli 2016 | 13.00.00

- Bank Diuntungkan

PURWAKARTA, RAKA – Para pendaftar calon jamaah haji di Purwakarta harus rela menunggu antrean sampai 12 tahun. Ini lantaran pendaftar ibadah ke tanah suci Mekah, Saudi Arabia di Purwakarta dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Pendaftar calon jamaah haji saat ini, harus menunggu sampai tahun 2028 untuk bisa berangkat melaksanakan ibadah rukun Islam ke lima tersebut.
Menyikapi hal tersebut, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan, dana jamaah haji tidak boleh dibiarkan mengandap di bank tanpa dialirkan untuk kepentingan masyarakat. Padahal, berdasarkan pantauannya antrean jamaah haji di Purwakarta saja sudah sampai tahun 2028 dan banyak yang sudah melunasi cicilannya melalui bank. “Berkaca di Purwakarta saja sudah sampai 12 tahun ke depan. Dana calon jamaah haji pasti berputar, maka ada keuntungan disitu," kata Dedi, dalam sebuah kesempatan acara di depan para calon jamaah haji, kemarin.
Keuntungan dari dana calon jamaah haji yang diputarkan oleh pihak perbankan, kata dia, dapat bergulir dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat Islam. Baik untuk menyantuni anak yatim, fakir, miskin dan bantuan gaji untuk guru ngaji sebagai beberapa objek yang dapat di-cover oleh dana keuntungan haji tersebut. "Problem sosial masyarakat saya yakin dapat terselesaikan, rumah rakyat miskin pun bisa di-cover selain dari pada yang saya sebutkan tadi, pembangunan masjid juga bisa kan? Gak perlu lagi ngencleng atau minta sumbangan di tengah jalan," jelasnya.
Dengan bergulirnya keuntungan tersebut, lanjut dia, calon jamaah haji yang sedang menjalani antrean dapat mereguk manfaat. “Selama belasan tahun disetorkan dan keuntungannya digulirkan, tentu mereka mendapat pahala karena ada nilai ibadah demi ummat," paparnya.
Untuk menindaklanjuti gagasan tersebut, Bupati Purwakarta secara resmi akan menuliskan idenya dalam bentuk surat resmi yang ditujukan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia, agar segera menjadi pembahasan dan memberikan solusi untuk kepentingan sosial masyarakat. (awk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template