Ciampel Akan Berlakukan Yustisi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ciampel Akan Berlakukan Yustisi

Ciampel Akan Berlakukan Yustisi

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Juli 2016 | 14.30.00

CIAMPEL, RAKA - Pemerintah Kecamatan Ciampel akan kembali melakukan pendataan terhadap pendatang baru di wilayahnya. Bahkan kedepannya kecamatan ini merencanakan memberlakukan operasi yustisi sebagai antisipasi arus urbanisasi yang tiap tahun semakin deras. Hal ini dinilai perlu dilakukan sebagai upaya mengontrol perkembangan penduduk di wilayah kecamatan tersebut.

Terkait itu,  Kasie Kependudukan Ciampel, Budianto, Selasa (12/7) mengatakan, lonjakan penduduk pasca liburan lebaran di Kecamatan Ciampel dipastikan ada. Terlebih melihat wilayah Ciampel merupakan wilayah industri maka tak heran mayoritas penduduknya merupakan buruh pabrik sebagai mata pencahariannya. Penduduk baru itu datang bersama warga kecamatan itu yang sebelumnya mudik lebaran ke kampung halaman masing-masing, dengan tujuan mencari pekerjaan.
"Kita sebenarnya tidak bisa menolak kedatangan mereka ke Ciampel, karena mereka juga berhak datang sesuai dengan undang-undang. Makanya kita pastikan ada lonjakan pendatang setiap tahun apalagi usai lebaran, karena Ciampel punya daya tarik merupakan daerah perkotaan yang mayoritas mata pencahariannya sebagai buruh pabrik,” ujarnya.
Ia menuturkan, untuk pendatang yang memiliki surat pindah daerah dari daerah asal bisa segera mengurus administrasi kependudukannya di Kecamatan Ciampel. "Nanti akan ada instruksi saat rapat minggon besok agar kades dan seluruh RT melakukan pendataan terhadap pendatang baru. Karena aturan sekarang harus membawa surat pindah dari asal mereka, baru dapat rekomendasi surat tinggal sementara," paparnya.
Masih dikatakan dia, bagi warga pendatang yang membawa surat pindah dari daerah asal, bisa segera melaporkan kedatangannya ke Kecamatan Ciampel atau tidak menunda-nunda melaporkan kedatangannya. Sebab, lanjut dia, terdapat aturan yang menyebutkan kalau surat pindah dari daerah asal itu masa berlakunya selama satu bulan dan tidak berlaku lagi jika masanya telah habis. “Bagi para pendatang harus segera melaporkan kedatangannya di daerah tujuan sambil membawa surat keterangan pindah dari daerah asal, jangan ditunda-tunda sebelum pihak Kecamatan melakukan pendataan di setiap desa,” tuturnya.
Selain itu, dirinya juga mengeluhkan minimnya anggaran untuk melakukan operasi yustisi di kecamatan ciampel. Hal ini mengingat pengalaman tahun sebelumnya dengan menggunakan annggaran swadaya tanpa ada campur tangan pemerintah sama sekali. Untuk itu dirinya berharap peran serta pemerintah hadir dengan menggangarkan untuk setiap kecamatan guna melakukan operasi yustisi sebagai langkah mengontrol perkembangan penduduk disetiap wilayahnya. "Memang selama ini anggaran untuk operasi yustisi atau pendataan di kosan dan kontrakan terkendala biaya. Karena selama ini menggunakan swadaya masyarakat, makanya kita harap ada anggarannya," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template