Cartono: Pendidikan Itu Fleksibel - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cartono: Pendidikan Itu Fleksibel

Cartono: Pendidikan Itu Fleksibel

Written By Mang Raka on Kamis, 28 Juli 2016 | 12.00.00

KARAWANG, RAKA - Mendidik serta mengajar para siswa atau para generasi bangsa adalah alasan pertama Cartono MPd, Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tirtajaya memilih menjadi salah satu bagian di dunia pendidikan. Terlebih, mendidik, mengajar, memberikan ilmu dan selalu berkerumun dengan anak kecil merupakan hal yang sangat menyenangkan.
Bagi pria yang memiliki prinsip 'Betah ngenah tumaninah' tersebut, bahwa pendidikan itu bersifat sangat fleksibel. Di setiap momen, kesempatan dan waktu, maka nilai-nilai pendidikan yang baik, bagusnya akan berbeda. Oleh sebab itu, orang yang berpendidikan, penting bisa berguna bagi dirinya sendiri, keluarga, orang terdekat dan masyarakat. Dengan demikian, dirinya bukan menjadi seorang yang menggantungkan hidupnya kepada orang lain, melainkan bisa memberikan harapan penghidupan bagi orang lain. "Ya minimalnya orang yang mengeyam pendidikan itu bisa berguna bagi dirinya sendiri. Karena waktu itu, saya pertama jadi guru honor harus. Akan tetapi karena saya merasa itu adalah manfaat, maka saya bisa menjalankannya dengan senang hati," katanya.
Pria yang memiliki hobi berorganisasi tersebut, juga menyampaikan bahwa pendidikan yang harus di kedepankan adalah peningkatan kualitas guru, sarana dan prasarana pendidikan. Karena dengan itu semua, baru akan bisa menciptakan siswa yang berkualitas. Akan tetapi, jika tidak ada dukungan orangtua siswa terhadap dunia pendidikan semuanya akan berjalan percuma. Karena guru yang berkualitas, sarana dan prasarana yang memadai akan percuma jika orangtua siswa tidak turut membantu. "Peran orangtua, pemerintah, sekolah dan guru, itu memiliki peranan sangat penting dalam dunia pendidikan. Maka itu harus saling mendukung satu dengan yang lainnya, karena jika satu saja tidak turut membantu atau tdak memberikan peran yang maksimal. Maka hasilnya pun tidak akan maksimal," ucapnya.
Disampaikanya pula, bahwa organisasi pramuka adalah awal mula dirinya terjun di dunia pendidikan. Sehingga yang ditanamkan pertama dalam menggeluti dunia pendidikan adalah rasa suka terhadap pekerjaan. Karena kalau segala sesuatu sudah merasa senang dan suka maka tidak akan ada beban sama sekali. "Cintailah pekerjaan itu sendiri, seperti kita mencintai orang yang kita cintai, maka semuanya akan terasa indah dan mudah,” ungkapnya tersenyum. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template