Butuh Perhatian Pemda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Butuh Perhatian Pemda

Butuh Perhatian Pemda

Written By Mang Raka on Rabu, 13 Juli 2016 | 12.00.00

GUNA mendorong kesejahteraan masyarakat yang berada di Wilayah pedesaan mesti adanya pengoptimalan usaha Konveksi yang berada di desa terkait. Seperti usaha Konveksi topi, jaket dan pakaian yang berada diwilayah Desa Wancimekar, merupakan salah satu desa yang mayoritas masyarakat yang berada diwilayah tersebut sebagai pengrajin dan pengusaha mikro di bidang topi dan jaket.

Selama ini, minimnya pengapingan dan pelatihan dalam mengembangkan usaha konveksi topi dan jaket. Sehingga lambat laut para pelaku usaha home industri diwilayah itu pun terkikis alias gulung tikar, karena minimnya pelatihan cara pengembangan usaha yang dinilai cukup potensial dalam memajukan perekonomian Desa. “Saat ini, usaha konveksi yang memang dari dulu sudah ada sebagai mata pencaharian masyarakat cariu Bandung, Desa wancimekar minim sentuhan dari desa, yang memberikan pelatihan bagaimana cara mengembangkan usaha home industri dalam memasarkannya,” terang Aip Saripudin, pengrajin pembuatan topi.
Sehingga, dia melanjutkan, sampai saat ini yang dimana tadinya mayoritas pemuda maupun masyarakat yang berada diwilayahnya, sebagai pengrajin topi, kini beralih sebagai buruh pabrik, perusahaan yang diakuinya cukup besar pendapatnya. “Dulu warga sini sebagai pengrajin topi, sudah dipastikan setiap rumah itu berpropesi sebagai pengrajin pembuat topi dan jaket, namun sekarang sudah mulai beralih ke pabrik, karena peluang pendistribusian yang kurang,” terangnya.
Seharusnya, dia menambahkan, dalam persoalan ini, mesti adanya keterlibatan aparatur pemerintah mulai dari tingkatan desa hingga daerah. Dalam memberikan peluang agar tetap kelestarian home industri diwilayahnya dapat berkembang dengan baik. “Kalau dipasilitasi oleh pemerintah mungkin para pengusaha home industri di kampung kami, akan terus bertambah bukannya, berkurang. Karena keterampilan dan kualitas buatan dari kampung kami, dulu terkenal di berbagai daerah, sampai pemasokan pun dilakukan di berbagai provinsi,” katanya.
Maka itu, dia menambahkan, diharapkan agar adanya pengapingan yang cukup serius dari pemerintah daerah. Supaya dengan usaha konveksi menjadikan salah satu bentuk usaha dimana yang memiliki potensi yang cukup besar dalam memajukan roda perekonomian di wilayah Kabupaten Karawang. “Kami berharap pemerintah jangan dibiarkan, untuk para pelaku usaha mikro, setidaknya, mereka langsung terjun ke kampung dan lihat kualitas buatan kami. Pastinya, daerah lain pun sudah tahu, buatan topi dan jaket dari kampung kami dulu itu cukup terkenal, namun karena kurangnya modal dan berkurangnya konsumen menjadikan tidak sedikit para pemilik konveksi disini sudah mulai  berkurang,” pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template