Bupati Diminta Bantu Enih Hingga Operasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Bupati Diminta Bantu Enih Hingga Operasi

Bupati Diminta Bantu Enih Hingga Operasi

Written By Mang Raka on Selasa, 26 Juli 2016 | 12.30.00

-Ketua IPSM: RSHS Hina Warga Miskin Karawang

CIKAMPEK, RAKA - Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Karawang, H M Dedi Sumarya SH, ikut angkat bicara persoalan Enih. Warga kurang mampu yang harus mengantre dioperasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sampai tahun 2017.
Menurutnya, pihak rumah sakit harus melihat tingkat urgenitas, bukan melihat sistem pembayaran.
"Operasi itu harus melihat tingkat urgenitas, karena kaitannya dengan nyawa. Baik yang umum maupun yang menggunakan KIS (Kartu Indonesia Sehat)," ujar Dedi kepada Radar Karawang, Senin (25/7).
Terlebih, warga yang menggunakan KIS dipastikan warga yang kurang mampu atau miskin. Kehadiran KIS juga sudah sangat membantu bagi warga miskin, tetapi dalam perjalanannya sering kali ada diskriminasi pasien oleh pihak rumah sakit. "Apalagi pengguna KIS itu notabene warga kurang mampu yah. Jadi harus menjadi skala prioritas," tegasnya.
Menurutnya, RSHS sudah memperlakukan Enih sangat tidak wajar. Pemerintah seharusnya hadir dalam kondisi seperti itu, terutama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Karena apa yang menimpa Enih merupakan penghinaan dari pihak RSHS terhadap warga Karawang. "Bupati Karawang harus turun tangan. Dimana harga diri Karawang coba. Apalagi Kami memiliki bupati seorang dokter," ujar Deni.
Dia juga menyampaikan,  gara-gara memakai KIS, Enih, harus ngantre sampai 2017. Sedangkan yang umum bisa langsung dilayani.
Dia juga mengungkapkan banyak tindakan diskriminatif terhadap pasien, yang pembayarannya ditanggung oleh pemerintah. Baik pemerintah pusat maupu pemerintah daerah. Hal itu tidak bisa dipungkiri, karena rumah sakit memiliki orientasi bisnis. "Jadi memang sudah dari dulu, selalu ada perbedaan antara yang umum dan KIS, BPJS, Jamkesda kalau dulu mah. Ini yang harus dipikirkan oleh pemerintah," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Berkaca Ke Kota Sebelah (Purwakarta),Kepedulian Seorang Bupati Terhadap Rakyatnya Sangat Jelas,Jangan Kan Yang Sakit,Org yg tidak mampu saja di kasih modal usaha,jalan2 semuanya mulus sampai pelosok,Bagaimana Dengan Karawang ????

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template