Bupati Akan Bangun Ribuan Rutilahu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bupati Akan Bangun Ribuan Rutilahu

Bupati Akan Bangun Ribuan Rutilahu

Written By Mang Raka on Selasa, 19 Juli 2016 | 13.00.00

KARAWANG, RAKA - Pemkab Karawang berencana membangun sebanyak 6.428 rumah tidak layak huni (Rutilahu) di seluruh desa yang ada di daerah ini. Rumah sebanyak itu akan dibangun secara bertahap mulai tahun depan.

Kepala Dinas Cipta Karya (DCK) Kabupaten Karawang Dedi Achdiat menyebutkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan mengenai siapa saja yang layak mendapat bantuan sehingga pembagunan rutilahu tersebut tepat sasaran. "Rencananya setiap desa akan dibangun 5 unit rutilahu. Setiap unit rutilahu akan dibangun dengan biaya sebesar Rp 40 juta dari anggaran APBD tahun 2017," ucap  Dedi, Senin (18/7).
Sementara, lanjutnya, pembangunan ini dilakukan secara bertahap setiap tahun hingga akhir pemerintahan bupati Cellica Nurrachadiana, kita targetkan bisa membangun 6.428 unit Rutilahu. Menurut Dedi berdasarkan data yang dimiliki DCK terdapat sebanyak 58 ribu rumah tidak layak huni di Karawang. Pihaknya menargetkan setiap tahun bisa membangun 2500 Rutilahu yang ada di setiap desa.
Penerima bantuan rutilahu dipilih berdasarkan hasil penilaian tim yang akan menilai layak tidaknya warga setempat menerima bantuan dari pemerintah. "Kita kan memiliki standar penilaian yang disebut rumah tidak layak huni itu seperti apa, tidak asal saja. Nanti hasil penilaian dari tim itu baru kita rumuskan untuk mendapatkan bantuan pemerintah," katanya.
Dedi mengaku pemerintah tidak bisa membangun sekaligus Rutilahu karena tidak memiliki anggaran yang cukup. Apalagi dengan jumlah Rutilahu yang mencapai 58 ribu unit dipastikan akan menelan anggaran yang sangat besar. Oleh karena itu pemerintah memiliki kebijakan dengan mengambil skala prioritas terhadap warga yang betul- betul membutuhkan bantuan pemerintah. "Kita lebih memprioritaskan rumah yang betul -betul sudah hampir roboh itu yang kita bantu. Kemudian kondisi rumah yang meski masih kokoh tapi kondisinya sudah tidak layak untuk ditinggali," ucapnya.
Dedi juga mengatakan, selain itu Pemkab menerima bantuan Rutilahu dari pemerintah pusat sebanyak 1000 unit. Hanya saja bantuan tersebut diperuntukan untuk masyarakat yang tinggal diwilayah pesisir. Pemkab Karawang mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 60 miliar atau setiap unitnya mendapat bantuan Rp 60 juta. "Kita masih melakukan pendataan terhadap warga pesisir yang layak mendapat bantuan pemerintah. Kebanyakan bantuan ini memang diperuntukan untuk nelayan pesisir yang ada di Karawang," katanya.
Menurut Dedi, masyarakat yang ingin mendapat bantuan Rutilahu bisa mengusulkan melalui desa setempat hingga kecamatan, kemudian di ajukan ke dinas Cipta Karya. Setiap usulan dari desa akan dan kecamatan akan diterima petugas atau panitian pembangunan Rutilahu dan kemudian akan di cek kebenarannya. "Nanti akan ada petugas yang akan melakukan verifikasi terhadap setiap usulan yang masuk. Jika memang kondisinya membutuhkan bantuan pastinya akan mendapat bantuan," katanya. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template