BUMDes Kamojing Garap Peternakan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Kamojing Garap Peternakan

BUMDes Kamojing Garap Peternakan

Written By Mang Raka on Rabu, 27 Juli 2016 | 14.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Menggenjot perekonomian warganya, Pemerintahan Desa Kamojing mengembangkan tiga sektor perekonomian yang digarap oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
Tiga sektor tersebut adalah budidaya ikan mas, penggemukan dan ternak kambing, serta peminjaman modal kepada para pelaku usaha atau yang biasa disebut dengan simpan pinjam. "Alhamdulillah, dari akhir tahun 2015 lalu saat dana desa tahap dua cair, kami langsung menggarap tiga sektor ekonomi yang dikomandoi oleh BUMDes," ujar Kepala Desa Kamojing Charim kepada Radar Karawang, Selasa (26/7).
Menurutnya, yang paling pertama direalisasikan adalah ternak atau penggemukan kambing. Untuk saat ini sudah ada 12 kambing yang dikembangkan. Sedangkan untuk sektor simpan pinjam, sudah mulai bergulir dan dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil. "Simpan pinjam yang kami kembangkan bunganya hanya 2 sampai 3 persen saja. Ini untuk menyaingi rentenir berkedok koperasi," ujarnya.
Sementara yang bisa mendapatkan dana simpan pijam adalah warga kamojing yang memiliki usaha. Seperti warung, tani dan lain sebagainya. Dia berharap perekonomian masyarakat bisa berkembang dengan baik, karena mendapatkan pinjaman uang dengan bunga yang ringan. "Alhamdulillah, sampai saat ini berjalan dengan baik. Semoga kedepannya tidak ada hambatan," ujarnya.
Sedangkan untuk sektor budidaya ikan mas, menurutnya baru direalisasikan dua minggu yang lalu. Pengelolaan dilakukan oleh anggota atau pengurus BUMDes. Untuk tahap pertama ikan emas berukuran 7 ekor dalam satu kilogram, dan jumlahnya sebanyak 2 kwintal. Ikan tersebut dikembangkan di kolam yang berukuran 10 X 15 meter. Dia sendiri memperkirakan 2 sampai 3 bulan, ikan mas sudah bisa dipanen dengan klasifikasi 1 kilogram 1 ekor. "Untuk pasarnya sudah sangat siap. Jadi hanya pada proses pemeliharaannya saja. Kalau sukses maka insya Allah aset dan keuangan BUMDes akan semakin berkembang," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template