Bengkel Dilarang Jual Knalpot Bising - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bengkel Dilarang Jual Knalpot Bising

Bengkel Dilarang Jual Knalpot Bising

Written By Mang Raka on Selasa, 26 Juli 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Sejumlah warga Kecamatan Sukatani, mengeluhkan kendaraan roda dua berknalpot racing. Pasalnya, mereka terganggu dengan kegaduhan suara knalpot tersebut.
Ujang Jamal (35), salah seorang warga Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani mengaku, tidak nyaman dengan suara keras dari kenalpot racing, apalagi pada malam hari saat ia berserta keluarga sedang beristirahat. "Kami terganggu dengan suara knalpot itu. Saya suka dongkol kalau lewat depan rumah," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (25/7).
Hal senada juga dikatakan Didin (46), warga Sukatani lainnya. Menurutnya, saat malam hari dia sering mendengar suara bising knalpot. Ia mengaku sangat terganggu, terlebih ia memiliki anak balita. Meski begitu, dirinya tidak bisa mencegah perilaku pengendara sepeda motor seperti itu, kecuali hanya menggerutu saja. "Ya, kami berharap ada tindakan dari petugas kepolisian untuk menindak para pengendara yang menggunakan knalpot racing. Sebab, sering membuat kegaduhan,"ujar dia.
Kepala Satlantas Polres Purwakarta Ajun Komisaris Polisi (AKP) Arman Sahti mengatakan, knalpot bising mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat. "Kami akan galakkan razia-razia di jalan untuk menindak dan menilang pengguna kendaraan dengan knalpot bising. Untuk kenyamanan jangan gunakan kenalpot bising," ujar dia.
Disamping itu, pihaknya melarang bengkel sepeda motor untuk menjual knalpot tidak sesuai standar dan menimbulkan suara kebisingan. "Enggak boleh bengkel motor jual knalpot bising atau tidak sesuai standar. Kami sosialisasikan dulu kepada para pemilik bengkelnya supaya tidak menjual knalpot tidak sesuai standar," ujarnya
Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 menyebutkan, setiap kendaraan harus memenuhi kelayakan teknis layak jalan. Mulai dari lampu, spion hingga tekanan ban. "Aturannya jelas kok mengatur bahwa knalpot bising atau tidak sesuai standar kelayakan itu dilarang. Bisa ditindak untuk ditilang,"pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template